Tanya Dokter

  • Sering sekali buang air kecil

  •  Imam Ghozali
    Anggota

    Dok. Saya ingin bertanya Sudah seminggu ini saya mengalami gejala kencing yang tidak beraturan dan menyebabkan sakit ketika keluar urinnya, Pada hari ini ketika saya hendak kencing, dan keluarlah gumpal darah tak begitu besar hanya sekecil biji anggur, Namun warna kencing saya masih kuning dan putih bening... Apakah pendapat dokter mengenai ini?

    Hai, Keluhan yang Anda alami yaitu nyeri saat berkemih, sering ingin berkemih, serta adanya darah pada urine kemungkinan disebabkan oleh infeksi saluran kemih/ISK. ISK merupakan peradangan pada saluran kemih akibat infeksi oleh bakteri. Penanganan ISK dilakukan dengan pemberian antibiotik yang sesuai dan dikonsumsi sesuai petunjuk dokter. Namun demikian kencing darah dapat pula disebabkan oleh penyebab lainnya seperti:

    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes medis yang dibutuhkan seperti tes urine, tes darah, USG, X-Ray dan sebagainya. Pengobatan yang tepat akan diberikan sesuai dengan kondisi yang mendasarinya. Berikut anjuran yang dapat dilakukan:
    • Minum air putih 8-10 gelas sehari untuk membilas saluran kemih secara teratur
    • Jangan menahan keinginan untuk berkemih
    • Makan secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Tidur dan beristirahat yang cukup
    Baca laman artikel berikut ini: Nyeri saat buang air kecil Penyebab kencing darah Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman