Tanya Dokter

  • Penyebab sering kesemutan

  •  s wasiatur r
    Anggota
    Hallo dok. Saya s wasiatur r. Umur 22 th. Saya sering kesemutan di bagian tangan dan kaki. Lebih seringnya di tangan. Bila memegang benda sekitar 5 menit -10 menit, tangan saya terasa pegal dan seperti mati rasa. Terima kasih dok

    Halo s wasiatur r........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kesemutan merupakan suatu keadaan Dimana seseorang tidak dapat merasakan bagian tubuh tertentu, yang dalam bahasa medis tersebut parestesia.

    Kesemutan sendiri ada yang bersifat sementara hingga berkepanjangan, dimana kesemutan sementara umumnya dipicu oleh : tertindih seperti saat orang duduk bersila, dehidrasi, hiperventilasi, penyakit Raynaud.

    Sedangkan kesemutan berkepanjangan dapat disebabkan oleh karena : Carpal Tunnel Syndrome yang umumnya menyerang tangan, stroke, tumor, kekurangan vitamin B, masalah metabolik seperti diabetes dan kolesterol, dan lain sebagainya.

    Apabila kesemutan sudah semakin sering terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis neurologi atau saraf terlebih dahulu, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penyebab pasti akhirnya diketahui, dan penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, rutin berolahraga sesuai dengan kemampuan, stop merokok dan jangan minum minuman keras, Minum air putih minimal 2 Liter perhari, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    CTS

    Demikian penjelasannya dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati