Tanya Dokter

  • Luka pada batang penis

  • Pak/Ibu Dokter,

    Saya Erick 30 tahun,

    saya ingin bertanya, di batang penis saya sering luka dan setelah sembuh kadang kambu lagi lukanya di tempat yang sama. Gejala awalnya gatal-gata kemudian lama kelamaan jadi luka. Kondisi tersebut indikasi apa ya? IMS jenis apa?

    Pertanyaan kedua:

    Jumlah sperma saya kog jadi ga kencang crott nya di banding sebelumnya, dan batang penis saya lebih cepat loyo ketimbang sebelumnya, kondisi tersebut indikasi apa ya? dan bagaimana pengobtannya dok?

    Terimakasih atas penjelasannya. Salam

     

    Halo Erick, Batang penis sering luka mungkin menandakan:

    Sedangkan ejakulasi (pengeluaran sperma) yang tidak kuat mungkin menandakan adanya masalah di saluran pengeluaran sperma, mulai dari epididimis (dekat testis), hingga ujung urethra. Namun, biasanya hal ini akan kembali normal jika Anda tidak berejakulasi selama 3-5 hari. Apabila Anda kuatir hal ini mengganggu kesuburan, analisa sperma dapat memastikan apakah kualitas sperma Anda baik / tidak. Konsultasikan ke klinik kesuburan untuk mendapatkan layanan ini. Untuk mengetahui penyebab luka penis secara lebih jelas, diperlukan pemeriksaan oleh Dokter / Spesialis Kulit & Kelamin (Sp. KK). Mungkin diperlukan pemeriksaan darah untuk menunjang diagnosis. Berikut tips untuk Anda:
    • Hindari pengobatan mandiri untuk mencegah kekebalan kuman yang sulit diobati
    • Gunakan kondom saat berhubungan seks untuk mencegah penularan penyakit seksual
    • Tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan cukup istirahat, banyak makan sayur dan buah agar menunjang pemulihan penyakit (bila ada)
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    Erick November  Erick November
    Anggota

    Terimakasih Pak untuk informasinya, Saya ingin menanyakan lagi terkait tiga indikasi diata dengan yang sedang saya alami saat ini. Luka pada batang penis saya itu rasanya sakit dan panas hingga rasa sakit dibagian dalam paha kiri. Rasa sakit dan nyeri membuat kadang badan rasa lemas dan demam. Pertanyaan saya kira-kira kondisi tersebut lebih pada kategori yang mana dari yang Pak Dok sebutkan diatas?. Terkait sperma yang tidak kuat dan mengganggu kesuburan, kira-kira ada pengobatan khusus atau terapi smacam itu tidak pak Dok untuk mengembalikan kondisi seperti semula Dok? Dengan kondisi kesehatan yang saya alami tersebut kira-kira saya harus control & periksa apa saja ke Klinik dan metodenya Pak Terimakasih Terimakasih sebelumnya atas jawabannya.  

    Halo Erick, Semua potensi penyebab yang telah dijelaskan di postingan sebelumnya dapat menyebabkan rasa sakit dan panas, termasuk rasa lemas dan demam (garukan yang terinfeksi juga menyebabkan lemas dan demam). Untuk itu, diperlukan pengamatan langsung oleh Dokter untuk menduga penyebabnya. Mengenai pengobatan kesuburan, hal tersebut perlu disesuaikan dengan kondisi yang Anda alami. Apabila setelah pemeriksaan tidak didapatkan kelainan, tentunya Anda tidak memerlukan pengobatan selain menguatkan kembali rasa percaya diri Anda. Apabila terdapat masalah kualitas sperma, tergantung masalahnya, mungkin bisa dilakukan pemeriksaan tambahan seperti USG testis. Anda dapat mengunjungi Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp. KK) untuk masalah batang penis Anda dan klinik kesuburan untuk pemeriksaan kualitas sperma. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma