Tanya Dokter

  • solusi untuk sering lupa dan keputihan

  • saya frima, ingin bertanya kepada dokter. saya memiliki keluhan sering lupa sama barang yang saya pegang lupa naruhnya dimana hingga 1 tahun lebih saya ingatnya. bahkan saya lupa nama jalan dan yang saya ingat hanyalah sebuah tempat. saya sakit apa ya dokter,.?

    terus kk sepupu saya juga memiliki penyakit keputihan yang bergumpal seperti gumpalan susu berwarna putih apabila vaginanya digerok pake jari. bagaimana pengobatan penyakit keputihan sepupu saya itu dokter,.

    demikian, saya ucapkan terimakasih,.

     

    Hai, Sering lupa merupakan salah satu keluhan mengenai memori yang seringkali dikhawatirkan oleh orang yang mengalaminya. Penyebab gangguan pada memori ini dapat terjadi akibat hal yang serius, seperti dementia, maupun hal yang ringan. Berikut merupakan beberapa penyebab kehilangan memori yang masih dapat kembali seperti semula :

    • penggunaan obat-obatan tertentu
    • cedera kepala ringan maupun berat
    • kondisi mental seperti cemas, depresi, stres
    • konsumsi alkohol
    • kekurangan vitamin B12
    • kekurangan hormon tiroid
    • dan lainnya
    Apabila gangguan memori tersebut telah membuat Anda khawatir, sebaiknya periksakan secara langsung kondisi Anda ke dokter spesialis saraf untuk mengetahui penyebab pastinya. Dokter akan menanyakan lebih rinci mengenai riwayat keluhan yang Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti tes kemampuan mental, tes lab darah, dan CT scan. Keputihan merupakan keluhan yang sering dialami oleh wanita. Penyebab keputihan dapat berupa perubahan normal dari siklus hormonal tubuh, maupun adanya penyebab lain yang tidak normal seperti:
    1. infeksi jamur - keputihan putih susu bergumpal, tidak berbau, gatal
    2. infeksi bakterial vaginosis
    3. infeksi trichomoniasis
    4. infeksi herpes genital
    5. kanker serviks
    6. dan lainnya
    Sebaiknya periksakan secara langsung kondisi tersebut ke dokter atau dokter spesialis kebidanan dan kandungan (obgyn). Dokter butuh untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan sampel cairan keputihan untuk menentukan penyebab dari keputihan tersebut. Pengobatan untuk keputihan tersebut akan berbeda tergantung apa yang ditemukan menjadi penyebabnya. Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca : merawat daerah kewanitaan Untuk membaca lebih lengkap mengenai keputihan Anda dapat membuka laman diskusi berikut : diskusi keputihan   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari