Tanya Dokter

  • penyebab sering mengalami sakit kepala

  • siang dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering mengalami sakit kepala. sakitnya serasa tertimpa beban berat dan denyut-denyut gtu dok pas diubun-ubun. thn 2013 saya perna tertimpan beban berat, dstu tubuh saya jadi tegang semua. apakah ada pergumpalan darah didalam? akhir-akhir ini dok saya mengalami sakit kepala, saya udah konsul ke dokter saraf, dan bertanya kenapa saya sering sakit kepala. dokter itu blg karna banyak pikiran. tp saya belum yakin dok apakah benar karna banyak pikiran? menurut dokter solusi yg tepat gimna?

    Halo Samsia, Sering mengalami sakit kepala pasti membuat resah penderitanya dan tidak jarang mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang umum. Untuk mengetahui penanganannya, tentu harus dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Biasanya untuk mengarahkan, harus diketahui terlebih dahulu lokasi sakit kepala, karakteristik sakit kepala, faktor pencetus dan faktor yang dapat meringankan sakit kepala, dan gejala lain yang muncul ketika sakit kepala datang. Sakit kepala dapat disebabkan oleh bermacam-macam hal. Ada beberapa penyebab sakit kepala yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pada struktur kepala. Beberapa sakit kepala yang termasuk sakit kepala primer adalah sakit kepala tegang, sakit kepala kluster, dan migrain. Sedangkan sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan atau penyakit pada organ tubuh lainnya, misalnya flu, sinusitis, masalah gigi, infeksi telinga, gangguan pengelihatan, konsumsi pil KB, dan sebagainya. Anda pernah menyebutkan Anda mengalami cedera pada beberapa tahun lalu. Jika terjadi sesuatu misalnya perdarahan kemudian diikuti penggumpalan darah seharusnya pada saat itu kondisi Anda lebih buruk. Dan pada saat itu seharusnya Anda sudah memeriksakan diri ke dokter sehingga bila terjadi kelainan akan segera dideteksi. Kalaupun terjadi perdarahan namun hanya sedikit, darah tersebut dapat diserap kembali oleh tubuh. Kecil kemungkinan apabila Anda mengkhawatirkan penggumpalan darah. Apabila cedera yang terjadi pada kepala Anda cukup bermakna, masih ada kemungkinan, walaupun kecil, disebabkan oleh post-concussion syndrome atau gejala sisa dari cedera yang bermakna tersebut (gejala yang dimaksud adalah sakit kepala atau pusing). Pada umumnya kondisi ini terjadi dalam waktu 7 hari sampai 3 bulan setelah cedera; pada beberapa kasus dapat terjadi sampai satu tahun atau lebih. Tetapi, perlu Anda ingat bahwa kemungkinannya kecil dan tergantung pada seberapa bermaknanya cedera Anda. Silakan kembali memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab sakit kepala ini.Bila perlu, lakukan konsultasi dengan dokter spesialis saraf lainnya untuk meminta opini ke dua. Untuk sementara, Anda dapat mencoba minum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen untuk membantu mengurangi nyeri. Perbanyak istirahat dan kelola stres dengan baik karena stres pun dapat memicu terjadinya sakit kepala. Coba carilah pemicu sakit kepala Anda agar bisa dihindari. Semoga membantu. dr. Aloisia

    kalau menurut saya dok kemungkinan kepala saya sakit dipicu dari pikiran. karena saya seorang mahasiswa, setiap saya pulang kuliah, distu saya sering mengalami sakit kepala pada bagian kepala atas. kejadian ini sering saya alami. apakah sakit kepala ini berpengaruh ke rambut dok? setiap saya cuci rambut, kepala saya terasa denyut-denyut dan mengalami rambut gugur?