Tanya Dokter

  • sering mengantuk tapi sulit tidur

  • Selamat malam, Dok saya mau tanya, sudah hampir 3bulan'ini saya sering mengantuk dan mata terasa sangat berat, tapi dalam sehari saya hny bisa tidur selama 4jam.itu juga tidak dalam keadaan lelap.saya sangat mdah terbangun ktk tidur. selain itu kalau saya tidur siang kepala saya langsung terasa pusing ktk terbangun Dok, mohon beritahu penjelasan dan solusinya terimakasih

    Malam, Gangguan tidur seperti Anda disebut juga insomnia, cirinya:

    • sulit untuk tertidur
    • tiba-tiba terbangun saat tidur
    • sulit untuk tidur lagi setelah terbangun
    • bangun tidur dengan rasa tidak cukup istirahat
    • mudah tersinggung, penurunan konsentrasi
    • tension headache (sakit kepala, tegang otot)
    • sepanjang hari lelah dan mengantuk
    Faktor risiko seseorang mudah terkena insomnia yaitu:
    • Sangat stress
    • Depresi atau trauma
    • Perubahan jam kerja/ shift malam
    • Aktivitas sehari-hari banyak diisi dengan duduk
    • Memiliki penyakit tertentu (misal: lemah jantung, penyakit paru)
    • Konsumsi obat-obat tertentu (misal: obat jantung, kortikosteroid,dll)
    • Baru pindah tempat tinggal yang berbeda zona waktu
    • Masalah ekonomi
    Insomnia dibedakan lagi menjadi 2 yaitu:
    • Insomnia akut yang berlangsung dalam hitungan hari sampai berminggu-minggu, biasanya disebabkan oleh stress yang baru muncul
    • Insomnia kronis adalah gangguan tidur yang berlangsung 3x/minggu selama  3 bulan atau lebih, penyebab: kondisi penyakit kronis tertentu , termasuk penggunaan obat-obatan
    Terapi yang diberikan:
    • Obat-obatan hipnotik, misal benzodiazepine
    • Obat antidepresi
    • Obat antihistamin yang efek sampingnya mengantuk, misal cetirizine
    • Terapi perilaku, misal: relaksasi, mengubah perilaku menjelang tidur
    • Mengobati penyakit kronis yang diderita
    Periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui dengan jelas penyebab gangguan tidur Anda. Anda akan diwawancara mengenai pola tidur Anda. Anda juga akan periksa darah jika Dokter mencurigai ada penyakit tertentu. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan di rumah:
    • Menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol
    • Tidak berolah raga atau makan terlalu kenyang saat menjelang tidur
    • Menghindari aktivitas lain (misal nonton TV) di tempat tidur saat sudah waktunya tidur
    • Mengurangi stress dan kecemasan
    • Menghindari minum terlalu banyak menjelang tidur
    • Memiliki jam tidur yang teratur
    Anda dapat membuka link berikut untuk mengetahui insomnia lebih jelas: Insomnia Menyiasati insomnia Semoga membantu, dr.Miranti Iskandar