Tanya Dokter

  • merasa nyaman jika sering menghela napas

  •  Luna Reiss
    Anggota
    Belakangan ini saya sering sekali mendesau, menghela nafas dalam-dalam. Saya tidak merasakan adanya gangguan pernapasan, hanya saya setelah saya menghela nafas rasanya lebih nyaman namun hanya beberapa saat kemudian saya merasa ingin menghela nafas lagi, seolah-olah saya ketagihan untuk menghela nafas dan tidak merasa cukup dengan bernafas biasa saja. Lalu selain itu perasaan saya seperti sedang tegang terus menerus seperti sedang akan menghadapi sesuatu, tetapi sebenarnya tidak ada apa-apa. Kira-kira bagaimana kondisi saya berdasarkan deskripsi tersebut?

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Menarik nafas dalam dan lambat dapat membuat perasaan menjadi rileks. Cara ini dapat membuat seseorang mengurangi rasa khawatir dan cemas. Beberapa masalah emosi lain seperti stress, frustasi atau kerinduan juga berkaitan dengan menghela nafas.

    Dari gejala yang Anda paparkan, kemungkinan Anda mengalami gangguan cemas. Gejalanya antara lain resah, tegang, sulit berkonsentrasi, denyut jantung yang cepat, gemetar, nafas pendek, berkeringat, sulit tidur hingga nyeri perut dan diare. Sebagai antisipasinya, tubuh menginstruksikan untuk menarik nafas dalam atau menghela nafas sebagai upaya membantu pikiran merasa tenang, membuat tubuh lebih nyaman serta menstabilkan emosi.

    Jika gejala yang Anda rasakan tetap berlanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Sebagai contoh, gangguan cemas bisa diatasi dengan medikasi (obat-obatan) dan psikoterapi.

    Untuk mencoba mengurangi gejala yang Anda alami, cobalah untuk tetap aktif berolahraga secara teratur, melakukan teknik relaksasi (misalnya meditasi, yoga), menghindari minuman beralkohol dan merokok.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di https://www.alodokter.com/gangguan-kecemasan-umum

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.