Tanya Dokter

  • Penyebab sering keluar darah pasca operasi caesar

  •  Dela Agata
    Anggota
    Ass dok... Sya mau tnya... Setelah operasi secar masa nifas 40hr ya dok.nah setelah 40hri lebih saya sering mmenstruasi gk beraturan dok.bulan pertma sya stelah nifas sya mentruasi kn wajarny 1minggu dok.stlah stu minggu kn bersih.nah.. Stelah dapat 2 hari sya kluar darah segar lg dok.sprti mnstruasi.kadang hnya 2 hari nanti mampet.nanti kluar darah lg dok.. Dan darah itu kkuar saat sya mrasa trllu capek.krna sya ngurus anak kembar seorang diri. Sekarang sudah dapat 10 bln setelah operasi secar kok msih sering kluar darah sperti menstruasi ya dok.dot dua smpai tiga hari nnti kluar lg darah segar .it knp ya dok?

    Hai Dela,

    Bila setelah melahirkan Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, kemungkinan kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh. Setelah melahirkan tubuh wanita memerlukan waktu untuk mengembalikan keseimbangan hormonal yang sebelumnya mengalami peningkatan selama hamil. Untuk itu diperlukan waktu yang bervariasi antara setiap orang, sehingga waktu untuk mencapai siklus menstruasi yang normal akan berbeda-beda pula.

    Selain itu terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi regulasi hormonal ini, seperti menyusui, penggunaan kontrasepsi hormonal, stres psikis, kelelahan, pola makan yang tidak teratur, penurunan berat badan yang drastis dan sebagainya. Bila Anda seringkali mengalami kelelahan maka kondisi ini dapat pula memicu terjadinya ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh yang dapat berpengaruh pada siklus menstruasi yang tidak teratur.

    Selain itu menstruasi yang tidak teratur dapat pula diakibatkan oleh kondisi medis yang lain seperti:

    - Infeksi rahim
    - Erosi vagina
    - Endometriosis
    - Kista ovarium
    - Radang panggul
    - Kelainan pembekuan darah
    - Kanker serviks
    - dan sebagainya

    Mengingat keluhan yang Anda alami sudah berlangsung lama maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan untuk menjaga regulasi menstruasi:

    - Beristirahat cukup dan tidur yang cukup
    - Cobalah meminta pertolongan keluarga untuk membantu Anda dalam merawat bayi Anda, sehingga Anda dapat mengambil waktu untuk istirahat yang diperlukan oleh tubuh
    - Makanlah secara teratur dengan pola gizi seimbang
    - Menjaga berat badan ideal
    - Mengelola stres dengan bijak

    Diskusi berikut ini membahas topik yang serupa:

    Menstruasi tidak teratur setelah melahirkan

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman