Tanya Dokter

  • Penyebab sering haus

  • Selamat pagi dok, Saya mengalami keluhan sering merasa haus dan air liur terasa manis dan sering muncul gejala biduran. Ini adalah gejala penyakit apa yah dok? Gimana cara mengatasinya? Mohon info dan bantuan nya dok, terimakasih

    Halo, Sering merasa haus tidak selalu berkaitan dengan penyakit. Baru selesai berolahraga maupun konsumsi makanan yang asin maupun pedas dapat meningkatkan rasa haus. Keadaan lain seperti muntah, diare, dehidrasi juga dapat meningkatkan rasa haus. Penyakit seperti diabetes mellitus, diabetes insipidus, luka bakar, maupun gangguan psikiatri memiliki gejala sering haus juga. Air liur yang terasa manis bukan gejala yang spesifik, amati apakah gejala muncul setiap saat. Liur terasa manis bisa jadi disebabkan makanan sisa yang tersangkut di sela-sela gigi. Konsultasikan dengan dokter jika kondisi ini membuat Anda tidak nyaman. Biduran merupakan penyakit di kulit akibat alergi, kelainan berupa bentol-bentol di sekujur tubuh disertai rasa gatal yang terjadi ketika terpapar oleh pemicu, seperti cuaca dingin, olahraga berat, stres, debu, gigitan serangga, dll. Pengobatan biduran adalah dengan menghindari faktor pemicunya dan konsumsi obat seperti antihistamin maupun steroid. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

    • mengamati pemicu timbulnya biduran, karena setiap individu tidak selalu memiliki faktor pencetus yang sama
    • konsultasi ke dokter jika sering haus tidak dipicu keadaan tertentu, atau Anda mempunyai riwayat keluarga menderita diabetes, atau sering haus disertai dengan gejala lain seperti mudah lapar, sering BAK, lemas, dan mengantuk.
    • menghindari stres dan kelelahan
    • konsumsi air putih yang cukup, kecuali ada pembatasan khusus dari dokter
    Artikel ini dapat dibaca: Biduran Sering merasa haus Semoga membantu, dr.Miranti Iskandar

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.