Tanya Dokter

  • maag akut dan sering mual

  • Dok saya memang punya riwayat penyakit maag akut ,,, dengan gastritis yang aktiv serta dinding lambung dan usus deodenum yang sudah luka umur saya 22thn berat badan 44kg ,,, nah akhir akhir ini saya sering tidur malam dan bangun pagi,, sehingga selalu saja tidak sempat sarapan,, namun juga saya kurang memiliki nafsu makan,, sedang kan saya setiap hari sering merasakan mual,,,, Mohon infonya dok,, apakah saya perlu kontrol lagi ke dokter yg ahli atau ada cara lain ?

    Hai,   Penanganan gastritis tidak serta merta berpusat pada obat obatan saja, tetapi juga perubahan pola hidup sehat dan pola makan yang baik. Jika Anda rutin dan konsisten menjalani perbaikan pola makan dan hidup didampingi pemberian obat untuk mengurangi gejala Anda maka komplikasi / perburukan dari kondisi gastritis Anda bisa dihindari. Anda bisa mengkonsultasikan permasalahan Anda ke dokter spesialis penyakit dalam sub KGEH ( gastro entero hepatologi ) jika Anda berkenan untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan dan penanganan yang lebih invasif. Untuk menangani keluhan Anda beberapa tips yang bisa Anda jalani antara lain adalah :

    1. Makan lunak porsi kecil dan sering dengan jadwal teratur.
    2. Biasakan sarapan.
    3. Hindari makanan yang merangsang asam lambung seperti kopi, teh, soda, makanan berlemak, berminyak, asam, pedas, dan makanan instan kalengan.
    4. Perbanyak buah dan sayuran dalam menu diet Anda.
    5. Hindari mengkonsumsi obat obatan yang merusak dinding lambung seperti AINS = ibuprofen, aspirin, obat penghilang nyeri dll.
    6. Olahraga teratur
    7. Istirahat cukup
    8. Hindari stress
    9. Banyak minum air putih
    10. konsumsi snack sehat diantara waktu makan.
    11. Minum obat gastritis sesuai anjuran dokter.
    12. Makan permen jahe / minum air jahe saat merasa mual.
    Baca topik terkait Sakit Maag.   Semoga membantu.   dr. Yusi