Tanya Dokter

  • Sering muntah di pagi hari, bagaimana cara menanganinya ?

  •  Paradisa
    Anggota
    Hallo dok.. Sudah lama sekali sy mengalami muntah setiap pagi hari, seperti orang yg sedang hamil, tapi saya belum pernah menikah. Ketika muntah itu kadang yg dikeluarkan berupa lendir yg sangat asam, bahkan cairan berwarna kuning biasa sampai agak pekat dan rasanya sangat pahit. Ketika muntah kadang disertai dengan batuk untuk mengeluarkannya, kadang di lendirnya pun seperti ada bercak darah.. Suara saya menjadi serak setelahnya.. Kira-kira gejala apa yg saya alami dan bagaimana cara menanganinya ? Terimakasih
    Paradisa  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Mual dan muntah merupakan suatu hal yang sangat sering terjadi dan dapat disebabkan karena berbagai macam penyebab. Muntah pada pagi hari tidak selalu disebabkan karena kehamilan. 

    Dari keadaan yang anda alami,sering muntah pada pagi hari dengan warna kuning dan terasa asam, mungkin hal tersebut disebabkan karena gastritis. Gastritis merupakan suatu peradangan pada dinding lambung. Gastritis biasanya sering terjadi pada orang yang sering terlambat makan, sering konsumsi makanan yang asam dan pedas, konsumsi alkohol, dan konsumsi obat tertentu yang dapat mengiritasi lambung. 

    Gastritis dapat menyebabkan gejala seperti muntah muntah, muntah dapat terasa sangat asam dan pahit dan terasa panas pada tenggorokan, rasa nyeri pada perut bagian atas. Selain itu, jika keadaan sudah lanjut gastritis dapat menyebabkan terjadinya muntah darah berwarna merah kecoklatan. 

    Tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • Dyspepsia
    • Infeksi saluran pencernaan
    • keracunan makanan
    • Gangguan cemas berlebih
    • hipertiroid
    • pengaruh obat tertentu
    • Gangguan pada pembuluh darah di perut

    oleh karena itu, jika keadaan yang anda alami sudah terjadi dalam waktu yang lama, maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, atau USG jka memang diperlukan.

    disarankan agar anda tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu asam dan pedas. Makan dengan porsi sedikit tetapi sering. Biasakan makan pada pagi hari. Hindari konsumsi kopi yang terlalu berlebihan. Hindari stres berlebihan, coba lakukan rileksasi. Istirahat teratur dapat membantu.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Mual muntah

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny