Tanya Dokter

  • Sering mengalami gejala batuk pilek

  •  Lilis Yang
    Anggota

    Salam dokter, Saya ingin bertanya. Saya mempunyai seorang anak berusia 5 tahun. anak saya sering mengalami batuk pilek, dan sekarang pilek (ingusnya) darah. Dan sepertinya, badannya semakin kurus, dan ini nih dianya jarang tidur siang. apa ada pengaruh di jam tidur siang yang buat dia kurus, atau ada penyebab lain? :) terima kasih dokter.

    Halo,   Anak anak memang paling mudah terinfeksi virus penyebab batuk pilek yaitu flu. Hal ini diakibatkan karena daya tahan tubuh (imunitas) anak yang masih rendah dalam melawan virus penyebab flu dan karena kebiasaan anak yang belum mengenal kebersihan secara maksimal sperti mencuci tangan sebelum makan, tidak menggosok hidung dengan tangan kotor, menutup mulut saat batuk/ bersin, tidak memasukkan mainan / barang yang mungkin tercemar virus ke dalam mulut dll. Oleh karena itu orang tua / pengasuh anaklah yang sebaiknya menanamkan pola kebersihan dan membiasakan sang anak untuk melatih pola hidup sehat. Ingus yang disertai darah memerlukan perhatian khusus, apakah darah cukup banyak? adakah mimisan? apakah sebelum keluar darah anak mengorek ngorek hidungnya? Adanya darah pada sekret hidung (ingus) bisa disebabkan karena :

    1. Mimisan
    2. Luka pada dinding mukosa hidung
    3. Mengorek hidung dengan kasar sehingga menyebabkan pembuluh darah hidung pecah.
    4. tumor pada hidung
    5. dll.
    Untuk itu pemeriksaan rongga hidung akan diperlukan untuk menentukan asal darah tersebut. Dokter anak akan memeriksa kondisi hidung anak Anda dan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anak Anda. Untuk mengurangi seringnya terkena flu pada anak maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Makan makanan bergizi dan kaya nutrisi = sup ayam, telur dll.
    2. Istirahat cukup ( untuk anak 5 tahun 8-12 jam sehari)
    3. Olahraga teratur.
    4. Minum suplemen / multivitamin jika perlu.
    5. Membiasakan pola hidup sehat = cuci tangan sebelum makan, tidak memasukan mainan kotor ke dalam mulut dll.
    6. Vaksinasi flu setahun sekali.
    7. Menjauhkan dari anak/ orang dewasa yang sedang sakit flu.
    8. Menggunakan masker jika perlu.
    9. Menjauhkan anak dari rokok dan asap rokok.
    Penyebab anak Anda semakin kurus memerlukan pemeriksaan. Tubuh anak yang kurus bisa disebabkan karena :
    1. Aktivitas berlebih.
    2. Genetik.
    3. Asupan makanan yang kurang.
    4. Infeksi cacingan.
    5. Kurang istirahat.
    6. Infeksi kronis seperti = anemia, TBC, gangguan tiroid, infeksi saluran kencing dll.
    Periksakan kondisi anak Anda kepada dokter anak untuk memastikan penyebab penurunan berat badan anak Anda. Perhatikan kurva tumbuh kembangnya dan pastikan asupan makanan sehat dan bergisi. Baca topik Anak sering batuk dan pilek dan mengoptimalkan nutrisi untuk si susah makan. Semoga membantu.   dr. Yusi