Tanya Dokter

  • sering pusing

  • dear alodokter, aku mau nanya. udah lebih dari setahun aku sering pusing. awal mulanya dari kelas 9. ku kira karna aku suka jarang makan, tp pas aku perbaiki makan aku pun pusingnya ga hilang. pernah ke dokter spesialis anak dan di beri panadol atau obat sakit kepala lainnya tapi ga ada pengaruh. Dokter pernah nganjurin buat MRI, ibuku sempet mau tapi akhirnya dia bilang ga usah lah pusing doang. Aku bahkan sempet berantem lantaran pusing ini. Setiap hari aku ngerasain pusing, kadang kenceng banget dan kadang biasa aja sangkin udah sering nahannya. kalo pas kenceng banget, aku suka narik rambut kepala aku sendiri. sekarang udah masuk tahun ketiga dan pusingnya ga kunjung hilang. akhir-akhir ini, mau tidur pun ga enak, miring kanan pusing, miring kiri pusing, telentang pun pusing. Dan yang aku rasain sekarang, pusingnya tambah kenceng plus kepala bagian belakang bawah aku terasa sakit, nyut nyutan gitu. Aku harus gimana ya dok menurut dokter, karna lama-lama aku juga bosen nahan penyakit terus :( ?

    maaf ya dok terlalu panjang gini hehehe, terimakasih atas jawabannya ^^

    Halo littlebabygirl, terima kasih atas pertanyaannya. Sakit kepala merupakan gejala yang paling sering timbul pada gangguan tubuh. Sakit kepala terbagi menjadi dua jenis yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer terdiri dari :

    • sakit kepala tegang
    • sakit kepala sebagian (migrain)
    • sakit kepala cluster (sakit kepala disertai nyeri pada bola mata dan mata merah)

    Sakit kepala primer paling sering muncul dalam bentuk migrain dan sakit kepala tegang. Hal ini biasanya disebabkan oleh hal yang ringan seperti stres atau kelelahan. Sakit kepala ini biasanya akan reda dengan mudah setelah beristirahat.

    Sementara sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala akibat gangguan lain dalam tubuh seperti :

    • infeksi, bisa berupa infeksi tenggorokan, infeksi hidung, infeksi telinga hingga infeksi selaput otak
    • anemia
    • cedera atau trauma benturan pada kepala
    • gangguan pembuluh darah otak
    • tumor atau keganasan
    • pengaruh obat-obatan

    Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri pada kepala :

    • Konsumsi air putih yang cukup
    • istirahat
    • baringkan kepala di posisi yang nyaman
    • kompres daerah dahi dan sekitar mata dengan air hangat
    • hindari melihat layar televisi, komputer atau ponsel

    Apabila nyeri masih terasa, Anda bisa meminum obat pereda nyeri yang tersedia di konter obat seperti paracetamol. Pastikan untuk meminum obat sesuai aturan pakai yang tertera di kemasan.

    Sakit kepala yang telah berlangsung terus menerus selama 3 tahun perlu diwaspadai. Sebaiknya segera temui dokter spesialis saraf terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang Anda alami. Dokter mungkin akan meminta Anda melakukan pemeriksaan darah hingga pemeriksaan EEG, CT-scan atau MRI jika diperlukan

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa