Tanya Dokter

  • Sering sakit perut bagian bawah dan sering keputihan

  • .dok kenapa ya bagian bawah perut saya sering sakit waktu mens .. trus saat mau mens saya sering keputihan .. vagina juga bau tidak sedap pdahal saya udah pake pembersih vagina dok ..

    Halo, Nyeri perut bagian bawah pada wanita wajar terjadi jika hal ini dialami menjelang menstruasi. Hal ini merupakan akibat berkontraksinya otot rahim saat menjelag menstruasi. Tetapi jika nyeri perut bagian bawah berlangsung terus menerus, maka patut dicurigai adanya penyebab lain seperti :

    Keputihan menjelang menstruasi juga merupakan hal yang wajar jika memenuhi kriteria seperti berwarna jernih, tidak berbau, tidak ada perubahan warna, dan tidak gatal. Jika keputihan sudah menimbulkan keluhan seperti berbau tidak sedap, maka kemungkinan hal ini disebabkan karena adanya infeksi. Silahkan memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah nyeri perut dan keputihan yang Anda alami merupakan hal yang normal atau disebabkan oleh adanya kondisi lain. Perlu diketahui juga menggunakan sabun pembersih vagina akan membuat keseimbangan pH dan flora normal vagina terganggu, sehingga menyebabkan vagina rentan terkena infeksi. Sebaiknya Anda cukup membersihkan vagina dengan menggunakan air hangat dan sabun biasa. Selain itu selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan Anda dengan cara rutin mengganti pakaian dalam jika terasa lembab, tidak menggunakan celana yang ketat, rutin mengganti pembalut saat menstruasi, dan berhenti menggunakan pantyliner. Semoga membantu, dr. Tri