Tanya Dokter

  • Sering sakit kepala

  •  ridho
    Anggota

    Alo dok, umur sy 34 thn dan perokok. Sy sering sakit kepala dan sy sdh periksa ke dokter saraf katanya sakit kepala biasa. sakit kepala sy belakangan ini terasa sering dan ketika sy jongkok atau sujud, hidung sy terasa penuh/tersumbat dan kepala sy jd skit serta badan lemas dan susah konsentrasi. Mhn penjelasannya. Tks.

    Halo, Sakit kepala bisa merupakan gangguan pada kepala itu sendiri, bisa juga disebabkan oleh proses lain diluar kepala. Sakit kepala primer, antara lain terdiri atas:

    • Tension Type Headache, sifat nyeri seperti tertarik, terikat
    • Cluster Headache, nyeri biasanya timbul di sekitar mata dan wajah
    • Migrain, sifat nyeri kepala pada sebelah sisi.
    Sakit kepala atau pusing yang disebabkan selain dari proses primer, dapat disebabkan oleh berbagai penyebab berikut:
    • Hipertensi
    • Infeksi
    • Cedera kepala
    • Anemia
    • Proses radang pada daerah sekitar wajah seperti sinusitis
    Sinusitis, merupakan radang pada rongga yang berada disekitar wajah. Rongga tersebut berhubungan dengan hidung. Normalnya rongga-rongga tersebut berisi udara. Apabila terjadi infeksi pada hidung, seringkali infeksi turut menyebar ke rongga-rongga tersebut. Rongga tersebut akan terisi oleh cairan yang mengental, sebagai reaksi pertahanan tubuh terhadap proses infeksi. Kumpulan cairan ini yang akan menyebabkan rasa tersumbat, penuh, dan nyeri didaerah wajah sesuai dengan lokasi rongga. Lebih lanjut tentang sinusitis. Seberapa bahayakah sinusitis Keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan besar mengarah kepada sinusitis. Namun tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh penyebab lainnya. Untuk mengetahui penyebab pasti sakit kepala dan hidung tersumbat yang berkaitan dengan perubahan posisi, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter. Apalagi jika kondisi tersebut sudah berlangsung lebih dari 1 minggu, atau berulang-ulang. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika perlu, misalnya foto sinus paranasal, atau CT scan. Setelah mengetahui penyebab, maka dokter dapat menentukan terapi yang tepat bagi Anda. Jika Anda dapat mengurangi konsumsi rokok, hal ini akan lebih baik, karena rokok dapat mengiritasi saluran napas. Untuk mengurangi gejala yang dirasakan, Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol, serta beristirahat yang cukup. Semoga membantu dan semoga lekas sembuh, dr. Agatha

    ridho  ridho
    Anggota

    Trm ksih byk dok...