Tanya Dokter

  • Sering sakit kepala dan riwayat kecelakaan serta vertigo

  • dear bapak /ibu dokter

    saya eka 24thn,

    singkat cerita,, thn 2009 lalu saya sempat mengalami kcelakaan dan mendapat benturan di bagian belakang kepala di sertai muntah2 hebat dengan ciran hijau, dan diagnosis awal saya positif Vertigo.

    namun seiring berjalannya waktu saya sering merasakan sakit kepala yg sangat hebat, ubun2 kepala terasa gatal dan seperti terbakar, bahkan jika sedang di bawah tekanan,, saya sering kali mendadak lupa dan tiba2 pikiran kosong,, tnpa tau apa yg sedang sya pikirkan sbelumnya.

    dok,, apakah gejala ini mengindikasi saya seperti penyakit kanker/ tumor???

    ingin rasanya melakukan citiScan tp terlalu takut untuk melihat hasilnya. 

    dok.. mohon beri pencerahan dansaran apa saja yg harus saya lakukan,,???

    biasanya jika sedang sakit kepala,, saya hanya meminum obat dengan resep dari dokter yg rutin saya beli di apotik. contohnya seperti Merislon, Degrium, atau semacam anestesi. dan saya tidak mengkonsumsi obat warung,, cz takut untuk dosisnya.

     

    trims

    Halo Eka......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit kepala, dimana dalam bahasa medis disebut sebagai cephalgia, salah satunya dapat disebabkan oleh karena terdapatnya riwayat trauma / cedera pada kepala.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah di sebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : migrain, gangguan kesehatan pada gigi, sakit kepala cluster, infeksi pada telinga, sakit kepala tegang, sinusitis, tumor otak, meningitis, dan lain sebagainya.

    Jika kondisi sakit kepala yang Anda alami sudah sering mengalami kekambuhan, dan sudah mengganggu aktivitas sehari - hari Anda, maka solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter spesialis penyakit saraf atau neurologi, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, CT scan kepala, dll., sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, kelola stress psikologis, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, banyak makan buah dan sayur, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SAKIT KEPALA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam,

    Dr. jati