Tanya Dokter

  • Sering sakit kepala, rambut dan bulu mata rontok

  • permisi dok, saya mau tanya, pada tahun ini kenapa ya rambut saya sering rontok, bahkan sampe bulu mata juga rontok, dan rontok nya ini udah beberapa bulan, sampe ngeri liat nya, umur saya sekarang 22 padahal dulu bahkan taun kemarin rambut saya banyak sekali hitam dan gak lembek/berminyak, tapi sekarang jd tipis dan lembek, dan gak tumbuh lagi, dulu juga sering rontok sih tapi nggak seperti saat ini dan dulu juga sering tumbuh banyak dan mudah panjang, tapi sekarang susah panjang nya, apa karena sering di potong? Atau pake kerudung? Soal nya se ingat aku setelah pake kerudung yang licin itu mungkin panas atau apa lah?atau dulu nya sering di catok? Atau juga apa karna kurang sehat, soal nya udah 4 tahun gak terkena sinar matahari karna saya sedang di K'S'A' atau karna kebanyakan tidur juga, karna tidur lebih dari 10jam ? Tolong jawab ya dok, terimakasih.. eh bentar, intinya pertanya'an ku kenapa rambut ku gak jadi lagi? Makasih dok..

    Hai, Seorang manusia pasti pernah mengalami rambut rontok. Rambut yang normal rontok setiap harinya berjumlah sekitar 100 helai. Jika kerontokan rambut yang dialami jumlahnya berlebih maka perlu dipertimbangkan apakah ada penyebab lain yang mendasarinya. Penyebab rambut rontok diantaranya sebagai berikut :

    1. perubahan hormonal
      • pada wanita -- seperti menjelang menopause, masa kehamilan, dan penggunaan kontrasepsi hormonal
      • pada pria -- akibat sensitifnya akar rambut terhadap salah satu jenis hormon testosteron
    2. asupan gizi yang buruk
    3. rambut yang sering terpapar bahan kimia dan proses penataan rambut di salon
    4. alopecia areata (pitak) - diduga akibat faktor genetika dan gangguan sistem imun
    5. tekanan psikologis - seperti stres dan depresi
    6. tekanan fisik - akibat tubuh mengalami proses yang berat seperti baru sembuh dari infeksi yang parah, atau masa penyembuhan operasi
    7. penyakit kulit atau penyakit autoimun - seperti lichen planus dan lupus
    8. pengaruh obat-obatan tertentu
    9. pengaruh kemoterapi
    10. dan lainnya
    Apabila kerontokan rambut yang Anda alami sudah mencapai tahap yang mengkhawatirkan dan mengganggu rasa percaya diri maka sebaiknya Anda menemui dokter spesialis kulit secara langsung. Untuk memberikan penanganan yang sesuai dokter terlebih dahulu perlu untuk mengetahui riwayat keluhan Anda, melakukan pemeriksaan fisik, dan penunjang seperti tes kadar hormon jika diperlukan. Penanganan yang diberikan oleh dokter dapat berupa obat-obatan maupun transplantasi rambut. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi kerontokan rambut :
    • hindari menyisir rambut saat rambut masih basah
    • hindari mengikat rambut terlalu kencang
    • konsumsi makanan yang bergizi lengkap
    • kurangi penggunaan produk kimia pada rambut dan penataan rambut dengan panas seperti hairdryer, catokan, curling iron, dan sejenisnya
    • keramas dengan menggunakan shampo ringan
    • dan lainnya
    Berikut merupakan artikel terkait yang dapat Anda baca : Rambut rontok Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari