Tanya Dokter

  • Penyebab anak penderita epilepsi sering terkejut saat tidur

  •  Ekha Lubizt
    Anggota
    Sore dok,anak sy trkena epilepsi..skrg dia ld dlm pengobatan,,udh satu tahun ini dia minum obat,gk pernah kejang lg..tp knpa ya dok dia masih ska terkejut saat tidur?? By:eka liana

    Halo Bunda,

    Gejala epilepsi yang paling jelas adalah kejang. Kejang terjadi ketika ada ketidaknormalan dalam aktivitas listrik di otak. Kejang ini ada beberapa macam bentuknya. Anak dapat mengalami kaku di sekujur tubuh, kelojotan di sebagian tubuh (misalnya: lengan dan tungkai), hilangnya kesadaran sesaat hingga anak tampak melamun (bengong), dan hentakan pada tangan/kaki.

    Sulit untuk menentukan apakah mudah kaget tersebut berkaitan dengan epilepsi atau tidak. Diperlukan pemeriksaan klinis secara cermat oleh dokter dan dibantu dengan tes medis seperti EEG untuk merekam aktivitas listrik otak. Masih adanya fokus kejang pada EEG akan menjadi perhatian Dokter dalam menentukan pengobatan lebih lanjut.

    Penderita epilepsi disarankan untuk tetap minum obat antiepilepsi hingga 2 tahun bebas kejang. Penghentian obatnya pun harus bertahap dan dalam pengawasan ketat dokter.

    Berikut anjuran yang dapat kami berikan:

    • anak mengonsumsi obat secara teratur, lupa meminum obat dapat memicu kejang
    • beritahu dokter mengenai obat-obat yang biasa diminum karena ada beberapa obat yang memiliki interaksi dengan obat anti-epilepsi
    • hindari pencetus kejang, seperti anak lupa minum obat, makan tidak teratur, stres fisik dan mental
    • jika ada keraguan, diskusikan dengan dokter yang merawat anak Anda

    Gejala epilepsi

    Semoga bermanfaat,

    dr.Mira