Tanya Dokter

  • Nyeri dada hingga menjalar ke ulu hati

  • Selamat siang dok saya mau nanya akhir akhir ini saya sering merasa kesakitan disekitar dada sampe kebelakang kadang juga hingga keuluhati saya dok setiap buat tidur rasanya malah makin sakit dan setiap bangun tidur selalu keluar dahak dok. Kirakira saya sakit apa ya dok?

    Halo Nurul.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan yang seperti Anda utarakan, paling sering disebabkan oleh karena penyakit asam lambung atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai GERD ( Gastroesophageal Reflux Disease ).

    Penyakit asam lambung terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan, akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Gejala yang umumnya muncul adalah : nyeri ulu hati, sakit pada dada, sulit menelan, mulut terasa asam atau pahit, perut tidak nyaman, dan lain sebagainya.

    Akan tetapi selain oleh karena penyakit asam lambung, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : peradangan pada pankreas, gangguan kesehatan pada organ empedu, sindrom iritasi usus, gastritis.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara :

    • Mengonsumsi obat khusus gangguan lambung seperti antasida cair yang dapat dibeli dengan bebas di apotik, dan minumlah sesuai dengan aturan pakai yang tertera di kemasan.
    • Hindari mengonsumsi makanan asam, pedas, berlemak, digoreng, bersantan, berminyak, Coklat, Tomat.
    • Hindari minum kopi.
    • Jangan memakai pakaian yang ketat disekitar perut.
    • Tidur dengan posisi kepaka lebih tinggi.
    • Hindari berbanding setelah makan, berbaringlah kurang lebih setelah dua jam Anda makan.

     

    Apabila setelah Anda melakukan cara - cara di atas, kondisi ini masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, USG khusus perut, endoskopi, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    GERD

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati