Tanya Dokter

  • sesak nafas tiap kena asap

  •  Ayusha Jama
    Anggota

    halo dok, tiap kali kena asap dada teman saya terasa sesak dan susah buat diatur nafasnya juga terasa pusing sampai mau pingsan dan mau muntah tapi ga keluar. itu karena apa ya dok? dan obatnya apa? mohon bantuannya. terimakasih

    Ayusha Jama  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ayusha, Kondisi seperti yang kamu sampaikan, dapat disebabkan beberapa penyebab, tetapi yang paling sering adalah :

    1. Asma bronkial
    2. Bronkitis, baik akut maupun kronik
    3. Pneumonia / radang paru
    4. Psikogenik
    Keluhan pusing dan rasa ingin pingsan dan mual dapat muncul sebagai akibat dari hipoksia/kekurangan oksigen yang terjadi saat sesak. Saran saya, pada saat sesak, periksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan secara langsung dan memastikan penyebabnya. Karena pada beebrapa kondisi seperti asma, jika pemeriksaan dilakukan pada saat tidak serangan maka akan memberikan kesan normal. Dokter mungkin meminta anda melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seeprti pemeriksaan darah, foto rontgen dada dan spirometri jika memang dirasa perlu. Penanganan tentunya akan dilakukan tergantung dari penyebabnya, karena berbeda penyebab maka obat/terapinya tentu berbeda. Untuk pencegahan sebaiknya hindari debu dan asap termasuk asap rokok dan kenakan masker. Pola hidup sehat , banyak minum air putih dan makan makanan uyang bergizi. demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.