Tanya Dokter

  • Penyebab sesak napas pada dada kiri dan kaitan dengan asam lambung

  •  Dee SherCin
    Anggota
    Dok,,sudah 2 mingguan ini aq mengalami sesak nafas didada kiri. AwalY dari maag kumat. Tapi lama kelamaan koq makin gak nyaman ya kalo nafas sering ngos²an. Tidur miring kekiri gak bisa nafas. Ya emang kalo maagq kumat pasti disertai sesak nafas tapi gak pernah berlarut² & gak pernah separah ini. Aq udah periksa di 3 dokter umum berbeda tapi hasilY sama saja,,masih sesek kalo nafas. Dikasih obat²an kyk obat maag sirup produk zenith,,omeprazole,,obat sesak nafasY kyk grafalin. Yg saya tanyakan,,sebenarY sesak nafasq ini kenapa ya...??? Apa penyebabY...??

    Halo Dee......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa sesak nafas, Dimana hal ini merupakan suatu kondisi ketika seseorang kesulitan dalam bernafas atau tidak cukup mendapatkan asupan udara, memang dapat saja dipicu oleh karena penyakit yang terkait organ lambung.

    Akan tetapi selain oleh karena hal telah disebutkan diatas, kondisi sesak nafas juga dapat disebabkan oleh : alergi, asma, anemia, Sinusitis, Tuberkulosis atau TBC, tekanan darah rendah, Peradangan pada paru-paru, ganggu kesehatan pada jantung, peradangan pada selaput Pembungkus paru, dan lain sebagainya.

    Oleh karena setelah melakukan pengobatan yang berikan oleh dokter sesak nafas masih saja terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian dada, tes darah, rontgen dada, rekam jantung / EKG, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati