Tanya Dokter

  • Penyebab sesak nafas

  •  enoeno
    Anggota

    Dear Dokter,

    Jumat lalu saya bepergian dengan beban berat, saya membawa beban berat dan berlari sampai ngosngosan. Saat berhenti saya merasakan ada yang mengganjal di tenggorokan saya, san saya sesak. Kemudian saya duduk dan makin sesak. Sesampainya dirumah saya masih agak sesak, namun yang saya rasakan malah saya sesak saat saya duduk, saat berkegiatan dan ngobrol tidak terasa. Hidung juga seperti tersumbat dari dalam. Saya merasa tidak leluasa saat bernafas, dan tubuh saya gemetar ringan. Gejala apakah ini dok?

     

    Halo enoeno.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui bahwasannya setelah melakukan aktivitas fisik yang berat seperti berlari dan lain sebagainya, maka wajar saja jika terjadi rasa lelah dan muncul nafas yang menjadi cepat, sehingga akhirnya timbul sesak nafas.

    Akan tetapi apabila setelah berlari, kondisi sesak nafas masih saja terjadi, maka hal ini dapat saja disebabkan oleh hal yang lainnya, diantaranya adalah : penyakit asam lambung / GERD, asma bronkial, gangguan kesehatan pada jantung, peradangan pada paru-paru, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini rasa sesak masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka untuk mengetahui penyebab pastinya, kami menyarankan untuk menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, rontgen dada, rekam jantung / EKG, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati