Tanya Dokter

  • Sesak nafas saat olahraga

  •  W-Deanti
    Anggota

    dok saya mau tanya. sya sudah mengalami 2x sesak nafas saat olah raga. dan sering ter engah engah saat olah rga d sertai cepat lemah saat olah raga. kira kira ap pnyebabnya ya dok? saya memang jarang mengkonsumsi sayur. terimakasih

    Hai, Olahraga adalah aktivitas fisik yang membuat kebutuhan oksigen dan energi dalam sel/otot tubuh menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas biasa. Hal ini menyebabkan rangsangan pada paru-paru dan jantung untuk bekerja lebih cepat agar dapat memenuhi kebutuhan oksigen yang dibutuhkan saat itu. Efek yang terjadi adalah nafas dan detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Pada titik tertentu akan terjadi kompensasi maksimal dari jantung dan paru-paru  dimana saat itu kebutuhan oksigen belum terpenuhi sehingga menimbulkan sensasi sesak. Namun, ada juga penyakit yang bisa memicu sesak sat olahraga seperti:

    1. Asma
    2. Penyakit jantung
    Untuk mengetahui sesak yang Anda alami merupakan sesak yang normal atau yang tidak normal sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dokter dapat melakukan berbagai pemeriksaan seperti pemeriksaan x-ray, EKD dan pemeriksaan lainnya jika diperlukan sehingga dokter dapat memberikan Anda pengobatan yang sesuai. Rasa lemas yang dialami saat olahraga juga dapat disebabkan oleh kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi dengan sempurna. Oleh sebab itu sebaiknya Anda melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Lakukan pemanasan yang baik dan cukup sebelum melakukan olahraga
    • Melakukan olahraga secara bertahap sesuai dengan kemampuan
    • Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, dan gizi yang tinggi
    • Atur pola nafas dengan baik saat berolahraga
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Manfaat olahraga Semoga membantu dr. Yosephine