Tanya Dokter

  • Penyebab sering sesak napas dan solusi penanganannya

  •  Johnboy07
    Anggota

    Salam Dok...

    saya akhir2 ini mengalami sesak nafas yang dikarenakan oleh asma. asma saya kambuh setiap 2 jam setelah saya menggunakan inhealer (benotec).setiap 2 jam saya harus menggunakan inhealer untuk meredakan sesak nafas saya. apakah itu normal dok???

     

    thank U

    Terima kasih Johnboy07 atas pertanyaannya di forum Alodokter, Asma merupakan kondisi yang cukup sering dalam menimbulkan keluhan terutama perihal sesak nafas. Dimana penyakit ini ditandai dengan adanya peradangan dan penyempitan saluran napas sehingga berujung pada sesak atau sulit bernapas. Selain itu, pada kondisi asma juga terdapat gejala yang lain yang menyertai diantaranya berupa:
    - batuk
    - mengi
    - dapat disertai nyeri dada
    - biasanya dapat timbul akibat faktor pencetus tertentu

    Kondisi asma ini umumnya dapat diatasi dengan obat-obatan seperti obat inhaler, minum, atau menggunakan nebulizer. Namun ada kalanya kondisi ini terus menerus berlangsung dan seringkali kambuh, pada kondisi yang demikian sebaiknya Saudara dapat berkonsultasi ke dokter spesialis terkait guna penyesuaian obat kembali, atau bila sesak sangat sering kambuh dan bahkan sesak tidak berkurang setelah pemberian obat, Saudara juga dapat langsung meminta pertolongan untuk diberikan penaganan yang lebih lanjut.

    Berikut terdapat artikel seputar asma

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra