Tanya Dokter

  • Sesak nafas setelah kecelakaan

  •  edwina_liony
    Anggota

    Saya seminggu yang lalu mengalami kecelakaan. Pada awalnya leher, pundak, dan punggung saya mengalami trauma yang mengakibatkan saya susah menggerakkan lengan saya. Setelah beberapa hari saya dapat menggerakkan lengan saya dengan baik, setiap bangun pagi saya merasa punggung saya sakit disertai dada saya juga sakit, selain itu saya kerap merasa sesak nafas dan terasa ada yang mengganjal di tenggorokkan saya setiap kali saya menelan sesuatu. Saya harus bagaimana mengatasinya, ketika orang tua saya susah sekali diminta untuk mengantarkan ke dokter untuk periksa.

    Hai edwina.. Sangat sulit menilai jika tidak memeriksa langsung. Untuk pertolongan awal mengatasi nyeri mungkin dapat mengkonsumsi obat nyeri yang dijual bebas di pasaran seperti paracetamol, asam mefenamat, ibuprofen, jika tidak ada kontraindikasi. Untuk memperkirakan penyebab sesak harus dipastikan apakah saat kecelakaan mengenai dada atau tidak, apakah ada memar pada dada. Sesak setelah kecelakaan bisa terjadi antara lain karena:

    • Memar pada otot dada atau punggung, mengakibatkan saat menarik napas terasa nyeri sehingga terasa seperti sesak
    • Patah tulang iga
    • Terkena paru-paru
    Lengan yang sulit digerakan juga harus dilihat apakah hanya karena memar,terkilir,geser sendi, ataukah memang ada retak atau patah tulang. Alangkah baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter paling tidak sekali untuk memastikannya, dan dilakukan minimal foto rontgen pada dada,dan lengan jika masih tidak enak digerakan. Semoga membantu ya,lekas sembuh.Terima kasih ya. dr.Yan william