Tanya Dokter

  • siklus menstruasi yang tidak teratur

  •  kuntari
    Anggota

    permisi dok, saya mau tanya kebetulan sebelumnya pada bulan september tgl 19-25 saya haid kemudian 2 minggu setelahnya saya haid lagi tgl 4-13 september. lalu pada bulan oktober saya haid tgl 9-16 namun tgl 24 saya mengeluarkan darah lagi tapi besoknya sampai seterusnya tidak keluar. kemudian tanggal 16-23 nov saya haid tetapi 3 hari setelahnya saya mengeluarkan darah pada saat malamnya, sampai 5 hari saya keluar flek tapi sangat sedikit dan sesekali ada darahnya. kira2 saya kenapa ya dok? apakah saya kelelahan atau gimana? terimakasih dok

    Hai,

    Menstruasi normal memiliki jarak sekitar 21-35 hari terhitung sejak hari pertama haid. Normalnya, durasi haid berlangsung sekitar 2-7 hari, dengan banyaknya 30-70 ml (sekitar 3-5 pembalut per hari; tergantung kebiasaan setiap perempuan dan jenis pembalut yang dipakai, jumlah ini bisa bervariasi).

    Menstruasi yang terjadi lebih singkat dari siklus 21 hari kemungkinan disebabkan oleh gangguan organ kandungan seperti polip rahim, miom dan kista ovarium. Mungkin juga terdapat gangguan hormonal yang mendasari seperti sindrom ovarium polikistik dan gangguan kelenjar gondok. Pada kasus yang lebih jarang, gangguan pembekuan darah juga bisa mendasari keluhan tersebut. Apabila terdapat riwayat hubungan seks sebelum perdarahan muncul, mungkin hubungan seks tersebutlah yang mendasari perdarahan.

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Kandungan (Sp. OG). Mungkin diperlukan pemeriksaan spekulum, USG dan tes darah untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sementara waktu, Anda sebaiknya cukup istirahat setiap hari. Tidurlah sekurangnya 7 jam setiap malam serta banyak makan buah dan sayuran.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma

    Hai Kuntari,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

    Menstruasi yang normal, seharusnya berjarak 21-35 hari antar siklusnya, terjadi selama 2-7 hari, dan mengeluarkan darah sebanyak 30-40 mL pada setiap siklusnya.

    Siklus menstruasi yang tidak teratur seperti yang Anda alami dalam dunia medis disebut sebagai menometrorrhagia. Penyebabnya umumnya adalah karena ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh yang meregulasi menstruasi. Hal ini bisa terjadi pada beberapa kondisi berikut:

    - Stres

    - Kelelahan

    - Efek samping mengkonsumsi obat (misalnya NSAID, aspirin, antikoagulan)

    - Efek samping menggunakan kontrasepsi (KB)

    - Penyakit lainnya (misalnya polip, mioma, kista, gangguan kelenjar tiroid, dsb)

     

    Umumnya kondisi ini ringan dan tidak berbahaya. Namun, untuk memastikannya, sebaiknya Anda periksakan langsung keluhan Anda ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi ya.. Jika perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium atau USG untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat.

    Sebagai langkah awal, agar siklus mens lebih teratur, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    - Istirahat yang cukup 7-8 jam sehari

    - Kendalika stres dengan bijak

    - Berolahraga teratur 30-45 menit sebanyak 3-4x seminggu, misalnya joggong, renang, senam aerobik, dsb

    - Konsumsi makanan bergizi seimbang dan perbanyak minum air putih

    - Hindari rokok dan alkohol

    - Ganti pembalut setiap 4-5 jam sekali untuk mengontrol jumlah perdarahan yang keluar

     

    Semoga membantu ya..

    dr. Nadia Nurotul Fuadah