Tanya Dokter

  • Mengatasi ASI yang tidak keluar setelah konsumsi obat-obatan

  • Setelah KB suntik 3 bulan saya haid 12 hari berturut-turut dengan jumlah yang sedikit.. setelah saya periksa di Puskesmas di beri obat ibuprofen dan dua jenis butir lainnya dan harus di minum sampai habis kira2 untuk 10 hari. Namun setelah beberapa hari saya minum, haid berhenti TPI ASI saya juga mampet. Sudah beli jamu atupun makanan penambah asi , kacang hijau, pepaya dll. Tetap saja asi keluar sedikit.. mohon penjelasannya dok.dan solusi terbaik nya untuk ASI saya

    Halo ibu Varyeda,terimakasih telah bertanya di alodokter
    Keluhan anda sangat sering menjadi keluhan bagi para wanita yang menyusui. ASI merupakan makanan pokok bayi sampai usia 6 bulan,oleh karena itu sangat wajar jika ibu bingung pada saat ASI tidak keluar. Beberapa hal yang dapat menyebabkannya yaitu:
    1. Menggunakan KB hormonal (Biasanya KB ini tidak menyebabkan gejala,tetapi hal ini bergantung pada reaksi setiap orang,terkadang tidak menimbulkan gejala pada beberapa orang)
    2. Kelainan anatomi pada bayi (misalnya lidah bayi terlalu pendek sehingga tidak dapat meraih puting)
    3. Gaya hidup yang tidak sehat
    4. Penurunan berat badan yang berlebihan
    5. Bayi tidak disusui pada malam hari (hormon prolaktin adalah hormon yang membantu produksi ASI bagi ibu hamil,hormon ini biasa diproduksi pada malam hari,maka diperlukan rangsangan oleh bayi agar membantu meningkatkan hormon dan ASI)
    Berikut adalah info yang dapat diberikan,mengenai pemakaian KB suntik 3 bulan biasanya sangat sering diasosiasikan dengan menurunnya produksi ASI,dan kb suntik 3 bulan memiliki jangka efek yang panjang,untuk info  lebih lengkap serta penanganannya anda dapat langsung berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan. Semoga menjawab pertanyaan anda,salam dr. Celleen