Tanya Dokter

  • Muntah bercampur darah setelah kemoterapi

  •  Widiya Ning
    Anggota

    Dok ibu sy terkena kanker serviks stadium 3a....sdh kemoterapi 2x. yg 1 efeknya mual2 smpai krg lebih 10 hari trs kmrin kemoterapi ke 2 efeknya jg mual tp kq campur darah..kenapa y dok,? Apakah itu emng efek dari kemoterapi?

    Halo, Kemoterapi pada kanker serviks bisa ikut menyerang sel yang memproduksi darah pada sumsum tulang belakang termasuk sel yang memproduksi trombosit yang berfungsi sebagai zat pembeku darah. Hal ini lah yang menyebabkan perdarahan mudah terjadi pada pasien kemoterapi. Kemoterapi pada dasarnya berfungsi membunuh sel kanker, tetapi tindakan kemoterapi juga dapat membunuh sel-sel normal sehingga menimbulkan efek samping, diantaranya:

    • mual dan muntah
    • hilang napsu makan
    • rambut rontok
    • sariawan
    • kelelahan
    Anda dapat membaca artikel berikut mengenai efek samping kemoterapi Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya Semoga membantu, terimakasih