Tanya Dokter

  • Sayatan setelah operasi usus

  • Selamat malam Dok, saya mau tanya Dok. Kemarin tanggal 4 juni saya menjalani operasi usus, tapi sayatan di perut saya sangat lebar Dok, dan sampai kini belum diperbolehkan untuk makan, hanya dibolehkan minum susu 50cc pemberian dari rumah sakit. Kenapa itu dok?

    Yogie Setiawan  Yogie Setiawan
    Anggota

    dok pliss balas dokk. kenapa bisa seperti ini saya dok

    Yogie Setiawan  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Yogie, Diet pasca-bedah adalah makanan yang diberikan kepada pasien setelah menjalani pembedahan. Tahapan pemberian makanan diberikan  secara bertahap tergantung pada macam pembedahan dan jenis penyakit penyerta, yaitu :

    • pasca-bedah kecil - makanan diusahakan secepat mungkin kembali seperti biasa atau normal (makanan pertama berupa cairan, yang diberikan pertama kali 6 jam setelah pembedahan, lalu bertahap menjadi lunak dan biasa)
    • pasca-bedah besar - makanan diberikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan penerimaan pasien (makanan pertama berupa cairan, yang diberikan pertama kali 6 jam setelah pembedahan, lalu secara bertahap menjadi cair kental - saring- lunak, hingga pada akhirnya menjadi biasa)
    Indikator yang digunakan dokter untuk memperbolehkan pasien atau untuk mengganti diet pascabedah adalah keluhan pasien (apakah masih mual atau tidak?), kesadaran, keadaan umum dan tanda vital pasien (tekanan darah, denyut nadi), serta bising usus yang merupakan perwakilan gerakan usus. Berdasarkan bekas sayatan yang lebar di perut Anda, dapat saya perkirakan yang Anda jalani merupakan operasi besar. Dengan demikian Anda akan mendapatkan diet pascabedah bertahap mulai dari cair-saring-lunak-biasa. Harap bersabar dengan kondisi ini. Bila ada yang ingin dikonsultasikan, jangan segan untuk bertanya kepada dokter penanggung jawab Anda. Demikian, semoga membantu dr. Rico Novyanto