Tanya Dokter

  • Testis membengkak setelah operasi hidrokel

  •  Danker
    Anggota
    Selamat sore dok, saya ingin bertanya : saya telah menjalani operasi hidrokel pada 3 minggu yang lalu. ( 19 oktober 2017) Tapi kenapa sudah 3 minggu setelah operasi, skrotum atau testis Sebelah kiri saya tempat dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan cairan sekarang ini membengkak tapi tidak terasa sakit dok, apakah ini normal pasca operasi atau ada penyebab yang lain... Serta berapa lama pemulihan pasca operasi hidrokel. Terima kasih dok

    Halo terima kasih sudah bertanya di alodokter.com
    Hidrokel adalah kondisi dimana terjadi pengumpulan cairan di sekeliling testis (buah zakar) di dalam skrotum sehingga menyebabkan pembengkakan. Penyebab pasti hidrokel hingga kini belum diketahui. Namun, diduga berkaitan dengan terbukanya celah yang menghubungkan antara dinding perut dan skrotum. 
    Pasca operasi pemotongan hidrokel (hidrokelektomi), ukuran skrotum yang tidak simetris antara kanan dan kiri mungkin saja merupakan hal yang wajar. Pada lelaki yang tidak pernah mengalami hidrokel sekalipun, umumnya ukuran skrotum tidaklah sama persis antara yang kanan dan kiri. Namun, perbedaan ini seharusnya tidakah terlalu signifikan. Selain itu, proses penyembuhan pasca operasi pun bisa menyisakan peradangan yang membuat penis tampak membengkak. Jika tidak ada penyulit lainnya, pembengkakan ini seharusnya akan mengecil dalam waktu kurang dari 1 bulan pasca operasi. 
    Namun, pada beberapa kondisi, pembengkakan ini mungkin juga diakibatkan oleh:
    • Pembentukan jaringan parut pasca operasi
    • Infeksi bekas luka operasi
    • Hematoma (perdarahan di bawah kulit)

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, saya sarankan untuk melakukan kontrol ulang dan pemeriksaan dengan dokter yang melakukan operasi, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan apakah kondisi Anda merupakan tahap penyembuhan atau karena ada faktor lain. Pengobatan yang tepat pun akan diberikan setelah penyebab diketahui.

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu 
    Salam, dr.Sylvia