Tanya Dokter

  • Penyebab testis membengkak pasca operasi hidrokel

  •  Danker
    Anggota
    Sore dok, saya ingin bertanya : pada tabggal 19 oktober 2017 saya melaksanakan operasi hidrokel, tapi sudah 3 minggu ( sekarang) kenapa testis sebelah kiri saya di tempat pembedahan untuk mengeluarkan cairan menjadi besar, tapi tidak sakit. Apakah ini normal pasca operasi hidrokel atau ada penyebab lainnya dok... Serta berapa lama penyembuhan setelah operasi hidrokel?? Terima kasih

    Hai,

    Membengkaknya testis setelah operasi yang Anda maksud mungkin disebabkan oleh:

    • Seroma -- yi. timbunan cairan ke dalam ruang pascaoperasi
    • Limfedema -- pembengkakan daerah setempat karena sumbatan aliran getah bening
    • Sisa kantung hidrokel yang kembali terisi cairan
    • Perkembangan sel tumor

    Pembengkakan biasanya terjadi sehubungan dengan perpindahan cairan dari pembuluh darah ke ruang antarsel. Meskipun tidak sering terjadi dan biasanya tidak berbahaya, pembengkakan demikian dapat menimbulkan kekhawatiran, efek pendesakan organ sekitar dan sebaiknya dibedakan dari pertumbuhan sel tumor. Penyembuhan pascaoperasi umumnya terjadi dalam kurun 1 bulan; penyembuhan bisa terhambat jika terdapat kondisi seperti infeksi, gangguan aliran darah, penyakit diabetes dan malnutrisi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Bedah (Sp. B), terutama yang melakukan pembedahan pada diri Anda. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah dan USG untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sementara waktu, Anda sebaiknya menjaga kebersihan kulit sekitar area yang membengkak. Hindari terlalu sering memegang benjolan/pembengkakan karena dikhawatirkan dapat membuatnya semakin besar. Hindari juga aktivitas mengangkat beban berat.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma