Tanya Dokter

  • Setelah Operasi Tumor Otak, Sebagian Badan Tidak Bisa Digerakkan

  •  KhairulAlo
    Anggota

    Hallo Dok, salam kenal dengan saya, Khairul Harahap

    Belakangan ibu saya sering merasa sakit dan kejang pada kaki dan tangannya yang sebelah kanan.

    Setelah periksa, ditemukan tumor di kepalanya. Sudah dilakukan operasi tumor otak. Alhamdulillah berjalan lancar. Tapi setelah operasi kaki dan tangannya yang sebelah kanan belum bisa digerakkan (saat saya ketik ini, sudah 18 hari setelah operasi). 

    Apa yang harus saya lakukan, atau kalau konsul dengan dokter apa supaya ibu saya cepat pulih? Dokter yang melakukan operasi adalah spesialis bedah syaraf. Waktu saya tanya kenapa anggota geraknya yang kanan belum bisa pulih atau apa yang harus kami lakukan untuk mengatasinya, dokter menjawab dengan jawaban yang kurang mengena.

    Mohon pencerahan

    Halo KhairulAlo, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Operasi biasanya merupakan terapi awal yang dilakukan pada pada tumor padat, baik jinak maupun ganas, termasuk tumor padat pada otak. Operasi pada tumor di daerah otak biasanya dilakukan bila lokasi tumor memungkinkan untuk diangkat, dan untuk tujuan-tujuan berikut ini:

    1. Mengambil contoh jaringan untuk diagnosis tipe tumor
    2. Mengangkat sebanyak mungkin jaringan tumor untuk tujuan terapi
    3. Mengurangi gejala yang muncul akibat tumor seperti sakit kepala karena peningkatan tekanan dalam kepala, mengurangi kejang karena tumor, gangguan pergerakan, gangguan penglihatan, dan lain-lain
    4. Memasang akses untuk kemoterapi, radiasi implantasi, atau terapi genetik untuk tumor ganas.

     

    Komplikasi yang terjadi paska operasi tumor otak dapat bervariasi, tergantung kepada letak dari tumor, besarnya tumor, jenis tumor, invasi tumor ke jaringan otak yang sehat, kerusakan jaringan yang telah ditimbulkan oleh tumor sendiri. Beberapa komplikasi umum yang dapat terjadi setelah operasi tumor otak antara lain:

    1. infeksi
    2. perdarahan
    3. darah beku di otak
    4. pneumonia atau infeksi pada paru
    5. tekanan darah yang tidak stabil

     

    Beberapa komplikasi spesifik yang dapat terjadi setelah operasi tumor otak antara lain:

    1. gangguan neurologis spesifik seperti kelemahan pada anggota gerak tubuh, gangguan bicara, gangguan penglihatan, gangguan keseimbangan, kesulitan koordinasi gerak
    2. kejang
    3. gangguan memori atau kognitif
    4. meningitis atau radang pada selaput otak
    5. pembengkakan otak (edema otak)
    6. penumpukan cairan di otak (hidrosefalus)
    7. stroke
    8. DVT dan emboli paru
    9. koma
    10. kematian

     

    Kondisi kelemahan sebelah badan yang dialami oleh ibu anda, bisa disebabkan karena beberapa kemungkinan:

    1. telah terjadi kerusakan otak akibat tumor sendiri
    2. komplikasi paska operasi
    3. rekurensi atau kembalinya tumor otak (pada kasus ibu anda kemungkinan bukan yang ini)

    Kondisi kelemahan sebelah badan tersebut bisa jadi hanya sementara (misalnya bila terjadi karena adanya pembengkakkan otak paska operasi), bisa juga permanen (misalnya bila memang terjadi kerusakan pada area otak tertentu). Oleh karena itu sangat sulit untuk memperkirakan kesembuhan tanpa mengetahui penyebab pasti kelemahan sebelah badan tersebut. Untuk dapat mengetahui secara pasti, anda dapat menanyakan kembali kepada dokter yang merawat ibu anda hingga anda mendapat jawaban yang memuaskan, atau anda dapat juga mencari opini dari dokter saraf ataupun dokter bedah saraf lainnya, karena untuk mengetahui hal tersebut, perlu diketahui secara lengkap data mengenai tumor yang dialami oleh ibu anda, prosedur operasi yang dilakukan, atau bahkan mungkin diperlukan juga pemeriksaan lanjutan. 

     

    Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia