Tanya Dokter

  • Sakit di bagian jahitan setelah operasi usus buntu

  • Assalamualaikum dok, saya mau tanya. saya sudah operasi usus buntu 3 minggu yang lalu, waktu itu saya ikut acara family day di tempat suami bekerja. saya punya anak kembar dok, nah anakku minta gendong sesekali, itu gimana ya dok sebenarnya sudah boleh belum buat ngangkat/menggendong anak? setelah pulang dari acara itu kan gak ada yang sakit dok, tapi setelah beberapa hari kok sekitar perut jahitan sakit ya dok? kalo bersin juga agak sakit, miring kiri juga sakit dok. Itu kenapa ya dok? Apa jahitan di dalam perutnya kebuka ya gara-gara menggendong anak? Mohon jawabannya ya dok. Terima kasih sebelumnya. Wassalamualaikum wr.wb.

    Halo,   Pemulihan luka pasaca operasi usus buntu memang memakan waktu kurang lebih 4-6 minggu untuk pulih 100 %. Namun dengan istirahat teratur, makan bergizi dan menjaga kebersihan luka maka diharapkan luka telah membaik dalam jangka waktu sekitar 2-3 minggu. Jika timbul nyeri di tempat luka operasi paska anda banyak melakukan aktivitas fisik seperti menggendong, mengangkat barang berat, dll maka kemungkinan terjadi sedikit tekanan berlebih pada luka bekas operasi. Jahitan bekas operasi yang telah berlangsung selama 3 minggu biasanya sudah merapat dan mengering walau belum sekuat normal sehingga apa yang Anda takutkan mungkin tidak terjadi. Untuk mengurangi nyeri maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :

    1. Mengompres dingin bagian yang nyeri.
    2. Hindari mengangkat barang berat untuk sementara waktu.
    3. Minum obat paracetamol atau ibuprofen.
    4. Hindari berdiri terlalu lama.
    Jika nyeri terus berlanjut maka sebaiknya anda menghubungi dokter yang melakukan operasi untuk melihat kondisi bekas jahitan Anda.   Baca topik Usus buntu. Semoga membantu.   dr. Yusi

    ohh seperti itu ya dok, terima aksih y dok jawabannya. . sangat membantu sekali. .