Tanya Dokter

  • setelah operasi usus buntu timbul wasir

  •  Juan Muhammad
    Anggota

    Pagi dok, saya juan mau tanya ini saya setelah operasi usus buntu kenapa timbul wasir? tiap bab dubur terasa perih dan tidak nyaman untuk duduk. bagaimana pendapat dokter? kira2 obat yang cocok apa? terima kasih.

    Halo,   Wasir merupakan pelebaran pembuluh darah bagian anus yang terjadi akibat kerusakan pada katup pembuluh darah balik akibat kondisi mengedan yang terlalu kuat dn berkepanjangan, berdiri terlalu lama dll. Wasir tidak disebabkan karena operasi usus buntu. Rasa perih dan tidak nyaman di dubur bisa disebabkan karena :

    1. Wasir.
    2. Trombosis vena di dubur
    3. Fissura ani
    4. Abses ani
    5. dll.
    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda maka pemeriksaan fisik secara langsung ke dokter bisa dilakukan. Dokter bisa mengidentifikasi penyebab keluhan Anda dengan hasil pemeriksaan fisik dan tes medis yang dilakukan seperti tes colok dubur, pemeriksaan rektum dll. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan. Penanganan wasir akan ditentukan dari keparahan gejala atau stadium nya. Namun secara keseluruhan beberapa jenis penanganan wasir akan mencakup :
    1. Perbaikan pola makan = banyak serat, sayur dan buah.
    2. Banyak minum air putih.
    3. Hindari mengedan terlalu kuat dan lama.
    4. Olahraga
    5. Minum obat untuk memperbaiki kerusakan katup vena
    6. Memberikan obat oles untuk mengurangi nyeri.
    7. Melakukan tindakan injeksi wasir, pengikatan dll.
    8. Melakukan tindakan operasi wasir
    Baca topik Wasir interna. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Juan Muhammad  Juan Muhammad
    Anggota

    dok mau tanya apakah saya bileh minum vegeta setelah 3 minggu operasi usus buntu untuk memperlamcar BAB? saya sudah 3 hari tidak bab