Tanya Dokter

  • Program hamil setelah operasi kista, boleh kah ?

  •  Sekar Aroem
    Anggota

    Halo dok... mau minta tolong tanya sya bulan depan tggl 20 mau oprasi kista di dalam rahim yg ke 2 kali.. karena sy blm punya keturunan jadi sy msih ingin mempertahankan rahim saya.., yg mau sy tnyakan kpn setelh oprasi bleh hamil dok.. jarak 6 bulan apa sudah bisa hamil dok.. karena untuk saat ini saya lagi LDR sma suami dok.. dan mknan apa aja untuk penyubur kandungan dok.. obat apa yg bisa menyembuhkan kista secara permanen dok.. saya takut klau tumbuh lgi dok.. karena ini sy sudah oprsi yg ke dua kali ... makasi atas kwbanya dok..

    Hai Sekar, Tidak ada batasan khusus akan waktu untuk diperbolehkannya Anda mengalami kehamilan setelah menjalani operasi kista. Umumnya, dengan operasi kista yang tidak mengalami komplikasi, dan jenis operasi bukaan kecil, maka Nada dapat menjalani kehamilan satu bulan setelah operasi tersebut. Tentunya hal ini bergantung dengan kondisi Anda paska operasi nantinya. Hal ini juga lebih baik didiskusikan dengan dokter yang merawat Anda, karena dokter Anda yang lebih mengetahui kondisi Anda saat ini. Untuk menyuburkan kandungan, yang perlu dilakukan adalah:

    • Pola hidup sehat. Cukup istirahat, olahraga teratur, hindari stres
    • Makan makanan sehat, hindari makanan olahan, perbanyak buah dan sayuran
    • Vitamin E dipercaya dapat membantu menambah kesuburan Anda
    • Beberapa jenis obat obatan dapat dipakai untuk menyiburkan kandungan. Hal ini sebaiknya dipakai hanya berdasarkan resep dan anjuran dokter Anda
    • Kesuburan pasangan harus memperhatikan kedua belah pihak baik pria maupun wanita. Ajak pasangan Anda juga untuk memeriksakan kesehatan reproduksinya ke dokter.
    Silahkan baca: Langkah program hamil Demikian, semoga bermanfaat bagi Anda