Tanya Dokter

  • Setelah oprasi tulang selangka tulang belikat menonjol dan tidak sejajar

  •  de_aja
    Anggota
    Saya oprasi patah tulang klavikula di sebelah kanan satu setengah bulan yang lalu tapi sampai sekarang belum bisa mengangkat lengan dan tulang belikat sebelah kanan saya menonjol dan merosot sebelah tidak sama sehingga saat saya duduk sangat tidak nyaman.Saya ingin bertanya apakah setelah oprasi tulang selangka tulang belikat akan menonjol dan tidak sejajar dan adakah cara untuk membuatnya normal kembali.

    Hai De_aja. Kemungkinan prosedur yang dilakukan pada anda adalah pemasangan pen dimana bertujuan untuk memperbaiki posisi tulang seanatomis (sesuai normalnya) mungkin. Memang paska operasi akan ada sedikir bengkak dan sedikit penonjolan. Setelah paska operasi sendiri, anda biasanya perlu melakukan fisioterapi dengan sedikit pergerakan untuk membantu penyembuhan. Hal ini dikarenakan, jika anda tidak menggerakkan sama sekali selama waktu tertentu, akan mengurangi kemampuan otot. Kemampuan mengangkat tangan anda sendiri juga membutuhkan waktu untuk kembali fungsinya, dan tentunya biasanya tetap akan ada sedikit keterbatasan tergantung perawatan paska operasi dan seberapa parah luka sebelumnya.

    Kondisi yang anda alami sendiri perlu dikonsultasikan kembali dengan dokter bedah anda apalagi jika ada kemerosotan dan keterbatasan pergerakan yang tidak membaik sejak operasi. Hal ini penting dimana dokter dapat menilai secara langsung kemerosotan yang dimaksud dan fungsi bahu dan tangan anda secara langsung. Selain itu, jika dibutuhkan, pemeriksaan rontgen untuk menilai pertumbuhan tulang baru juga dapat membantu menilai perkembangan penanganan. Hindari aktivitas yang berat pada daerah bahu dan tangan. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa