Tanya Dokter

  • Nyeri setelah operasi usus buntu

  •  intan rachma
    Anggota

    Hai dok.. saya sudah 4 minggu sesudah paska oprasi usus buntu. saya sudah makan pedas tp tidak banyak..sayur minum air putih minum es jus nangka.makan buah pisang.semangka .pepaya.... Kadang saya merasa nyeri..sakit di usus stlah oprasi..tp apakah yang saya makan dan minum bisa membahayakan...luka setelah oprasi meskipun sudah masa pemulihan..

    Halo,   Luka paska operasi usus buntu biasa membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu untuk pulih 100%. Untuk makanan pada paska operasi usus buntu > 4 minggu Anda bisa makan seperti biasa namun sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan yang bisa merangsang gerakan usus berlebih dan menimbulkan gangguan peradangan usus seperti :

    1. makanan berlemak dan gorengan.
    2. Santan dan produk santan
    3. Makanan pedas dan asam.
    4. dll
    Sementara nyeri paska operasi > 4 minggu biasanya bukanlah akibat dari makanan yang Anda konsumsi. Nyeri ini bisa timbul akibat :
    1. peradangan pada luka bekas operasi karena penyembuhan belum sempuran
    2. atau nyeri pada bagian usus lain yang berlokasi dekat dengan usus buntu.
    Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan :
    1. Kompres hangat di tempat nyeri.
    2. Kurangi aktivitas mengangkat barang berat.
    3. minum obat pereda nyeri seperti paracetamol
    Jika nyeri timbul menjadi lebih sering dan lebih kuat maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter yang mengoperasi usus buntu Anda. Dengan demikian bisa diketahui apa penyebab nyeri yang Anda rasakan. Baca topik Nyeri paska operasi. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi