Tanya Dokter

  • Gigi nyeri setelah tambal gigi

  • Dok,,saya mau tanya,,gigi saya berlubang,,,dan terasa nyeri bgt,,sy pergi kr poli gigi di puskesmas lalu ditambal gigi saya untuk sementara,,,brp lama jangka waktu sy bisa makan setelah tambal gigi,,,kemudian apa tambalan gigi yg sementara ini harus diganti dgn yg permanen atau tidak...knp setelah tambal gigi sy msh jg merasakan nyeri ya dok,,,mohon infonya dok...terima kasih.

    Halo Retno.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya, gigi yang ditambal sementara, kemungkinan sedang dilakukan perawatan akar. Proses perawatan akar biasanya dilakukan jika infeksi pada lubang gigi sudah mencapai rongga pulpa gigi yang berisi pembuluh darah dan saraf gigi, sehingga saraf gigi ikut terinfeksi.

    Umumnya dokter gigi akan melakukan Pembersihan pada lubang gigi, mematikan saraf gigi dengan obat khusus, dan melakukan penambalan sementara. Setelah ditambah sementara, gigi harus ditambal permanen oleh karena tambalan sementara gampang lepas dan juga hanya dilakukan untuk perawatan.

    Nyeri yang dirasakan sesudah penambalan sementara dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : bahan bahan kimia yang digunakan saat proses penambalan merupakan zat asing bagi tubuh sehingga menimbulkan reaksi radang dan menimbulkan rasa sakit, bahan Tambalan gigi masih dalam proses mengeras, dan lain sebagainya. Umumnya rasa sakit akan berkurang sekitar kurang lebih tiga hari Paska penambalan sementara.

    Cobalah atasi rasa sakit pada penambalan sementara dengan cara mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhadap tubuh Anda atau Anda juga dapat Berkumur dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TAMBAL GIGI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati