Tanya Dokter

  • Demam menggigil disertai diare

  •  LatifaM
    Anggota
    Dok kenapa yaa udah beberapa hari ini saya tiap malam pasti demam menggigil dan diare sudah 2 hri. Aktifitas saya memang olahraga tiap hari dan program menurunkan berat badan. Gejala ini kemungkinan gelaja tipes bukan dok? Terima kasih dokter 🙏

    Hai Latifa,

    Bila Anda mengalami demam, maka kondisi ini dapat menjadi penanda adanya infeksi dalam tubuh, baik akibat virus, bakteri maupun parasit. Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh berada di atas 37,5 derajat Celsius, di mana kenaikan suhu tubuh ini sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi akibat mikroorganisme penyebab penyakit.

    Demam salah satunya memang dapat disebabkan oleh tifus atau demam tifoid, yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Gejala yang dapat timbul antara lain demam, mual, muntah, diare atau konstipasi, sakit kepala dan sebagainya. Kondisi yang Anda alami belum dapat dipastikan apakah terkait dengan tifus atau tidak, karena masih diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menelusurinya.

    Perlu diketahui bahwa demam dapat pula disebabkan oleh berbagai kondisi medis lainnya seperti:


    Apabila dalam 3 hari keluhan yang dialami tidak kunjung membaik maka sebaiknya Anda menemui dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut. Selain melakukan pemeriksaan fisik, jika diperlukan dokter dapat menganjurkan tes penunjang seperti tes laboratorium darah untuk menganalisis penyebabnya lebih jauh. Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Bila timbul demam dapat mengonsumsi obat penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen
    • Perbanyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi akibat demam dan diare
    • Hindari konsumsi makanan yang pedas, berlemak, asam, atau menimbulkan gas
    • Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi
    • Mencuci tangan dengan sabun setiap kali sebelum makan/menyiapkan makanan dan setelah ke toilet
    • Perbanyak istirahat dan konsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh


    Artikel berikut ini memuat informasi yang  terkait:

    Penyebab demam            
    Diare

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman