Tanya Dokter

  • bintik-bintik gatal di vagina setelah melakukan sexs bebas

  • Assalamualaikum do, saya santy umur 20 thn. dok saya mau tanya, sudah kurng lbih stahun ini saya melakukn ML hmpir 1bulan skali dngan org yang sma, tpi skrang saya mlakukn dngan 2 orng dan hampir stiap hari sya mlakuknya saya mlakuknya tidk memakai pngaman dan sudh lma ini dsikitar vagina saya ada bintik" juga gatal" tenggorokan sakit juga sring masuk angin apakah saya terkena virus HIV dok?

    Hai,   Untuk memastikan bahwa Anda terinfeksi virus HIV maka Anda bisa melakukan pemeriksaan Anti HIV di klinik / RS tertentu.  Penegakkan diagnosa infeksi HIV tidak bisa dilakukan berdasar keluhan semata. Kemungkinan bintik yang gatal disertai keluhan lain pada vagina Anda mungkin karena telah terjadi infeksi pada organ kewanitaan Anda akibat hubungan seks tanpa pengaman. Infeksi Menular seksual yang mungkin menyebabkan keluhan Anda adalah :

    1. Infeksi virus = Herpes Genital --> Herpes simplek
    2. Infeksi bakteri = gonore, vaginosis bakterial
    3. Infeksi Trikomonas
    4. Infeksi Jamur = Candidiasis
    Pemastian bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan langsung ke dokter terdekat. Dokter akan melakukan tes fisik dan tes penunjang lain untuk memastikan penyebab keluhan Anda seperti Tes urin, Tes pervaginam dll. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasari keluhan Anda , karena penanganan setiap penyebab akan berbeda dan spesifik. Untuk mencegah terjadinya Infeksi Menular seksual ini Anda bisa melakukan langkah pencegahan seperti :
    1. Gunakan Kondom
    2. Berpantang seks bebas
    3. Berhubungan hanya dengan satu pasangan yang Anda ketahui tidak memiliki Penyakit
    4. Menjaga kebersihan organ intim Anda
    5. dll
    HIV pada awalnya tidak memiliki gejala, walaupun beberapa orang mengeluh gejala seperti flu/pilek pada beberapa bulan setelah terjadi infeksi. Namun gejala sesungguhnya baru akan menampakkan diri setelah 8-10 tahun terinfeksi virus HIV tersebut. Tahapan gejala HIV adalah :
    1. Tahap 1 = tanpa gejala namun anti HIV sudah positif
    2. tahap 2 = demam > 1 bulan tanpa sebab yang jelas, Batuk > 1 bulan tanpa sebab jelas, penurunan berat badan drastis
    3. tahap 3 = Infeksi opportunistik pada paru, kulit , Diare > 1 bulan tanpa sebab jelas dan tidak sembuh dengan obat
    4. Tahap 4 = Infeksi menyebar ke otak dll.
    Anda bisa membaca laman beriut untuk pemahaman yang lebih. Apa itu HIV AIDS? Cek anti HIV Karena gejala yang belum jelas maka sebaiknya untuk Anda yang telah aktif secara seksual tanpa pengaman sebaiknya melakukan pemeriksaan darah untuk memriksa Anti HIV. Tes ini sebaiknya dilakukan 3 bulan setelah terpapar, untuk memastikan bahwa periode jendela telah terlewati.   Semoga bermanfaat.     dr. Yusi