Tanya Dokter

  • Hasil tes untuk SGOT dan SGPT

  •  Benny Lisna
    Anggota

    dok..kemarin saya cek darah dok..tau2 SGOT saya 54 sdngkn SGPT saya 84 sedangkan ambang batas normanlnya 40 dg 41..setelah itu saya konsultasikan dg dokter penyakit dalam katanya hati saya normal dan tidak apa maupun organ lainnya..katanya naik nya SGPT kna hati saya banyak di penuhi oleh lemak..jadi gimana menurut pendapat dokter dg SGOT dan SGPT saya tsb..

    Halo,   Peningkatan kadar SGOT dan SGPT bisa disebabkan banyak hal, namun pada prinsipnya peningkatan terjadi akibat cedera pada sel hati sehingga menyebabkan produksi enzim liver tersebut meningkat. Beberapa kondisi penyebab SGOT dan SGPT meningkat antara lain adalah :

    1. Konsumsi alkohol.
    2. Sehabis kerokan, dipijat dengan keras sehingga menyebabkan otot nyeri
    3. Terekspose dengan bahan kimia berbahaya.
    4. Fatty liver (perlemakan hati) = biasa terjadi peningkatan SGOT-SGPT sebanyak 2-3 kali normal.
    5. Kelelahan (banyak bergadang , minum kopi dan merokok)
    6. Kerusakan otot/ cedera otot.
    7. Konsumsi obat jangka panjang
    8. infeksi virus = hepatitis baik akut dan kronis, dll. --> biasa peningkatan SGOT dan SGPT > 5 kali normal
    9. dll.
    Untuk mengetahui apakah ada kelainan serius pada liver/ hati Anda maka penggunaan kadar SGOT dan SGPT tidak bisa dipakai sebagai acuan semata saja, diperlukan pemeriksaan lain seperti Gamma GT, Albumin, USG liver, Pemeriksaan Hepatitis dll. Dengan melakukan pemeriksaan diatas maka bisa ditentukan apakah peningkatan SGOT dan SGPT Anda berasal dari fatty liver saja atau ada indikasi medis lain. Untuk menurunkan kadar SGOT SGPT Anda bisa melakukan :
    1. Istirahat cukup.
    2. Makan gizi seimbang
    3. Minum suplemen hepatoprotektor = curcuma, hp Pro dll.
    4. Hindari stress
    5. Olahraga teratur.
    Semoga bermanfaat.   Dr. Yusi

    Benny Lisna  Benny Lisna
    Anggota

    Hepatitis B saya negatif..trus sudah di USG hati saya gak da masalah..cuma di hati saya banyak lemak..itu aja kata dokter dari hasil USG ny dok..

    Halo,   Hati yang dipenuhi banyak lemak dikenal dengan istilah fatty liver dalam dunia medis. Kondisi ini menyebabkan fungsi liver terganggu dan bisa menyebabkan terjadinya peningkatan SGOT & SGPT Anda. Namun ini bukanlah hepatitis dan tidak menular. Fatty liver bisa menyebabkan pembengkakan hati dan jika tidak ditangani lambat laun bisa menyebabkan kerusakan pada hati. Fatty liver biasanya tidak bergejala dan tidak berbahaya, namun jika sudah sangat parah dan lama bisa menimbulkan keluhan :

    1. lemas
    2. Sakit kepala- pening
    3. Mudah lelah
    4.  Nyeri perut atas
    5. Perasaan kembung dan tidak nyaman pada perut.
    Penyebab fatty liver adalah pola hidup yang buruk seperti senang mengkonsumsi makanan berlemak, bersantan, gorengan dll serta minum alkohol, bergadang dll. Untuk memperbaikinya Anda sebaiknya memperbaiki pola hidup Anda dengan :
    1. hindari alkohol dan soda.
    2. hindari merokok
    3. Perbanyak sayur dan buah
    4. Olahraga
    5. Kontrol kolesterol Anda terutama trigliserida.
    6. Cukup isitrahat
    Semoga membantu.   dr. Yusi  

    Benny Lisna  Djocko
    Anggota

    Sore dok sebulan lalu saya ada tes dari salah satu perusahan dan mengharuskan saya medcek saya di beri pemeberitahuan bahawa saya terkena hefatitis dan gagal saya mengecek ulang ke lab dan hasil yang saya dapatkan SGOT 70 dan SGPT 62 saya di anjurkan hidup sehat dan makan sehat setelah sebual lebih saya medcek lab ulang dan hasilnya SGOT 25,61  dan SGPT 29,44 apakah dengan hasil tersebut saya terbebas dari hefatitis karna saya Tanya pada dokter yang pada saat itu memeriksa saya jawabanya normal dan tak ada apa apa? mohon arahanya terima kasih