Tanya Dokter

  • SGOT & SGPT tinggi dan badan gatal-gatal

  • Saya mau tny ya dok, saudara saya kan sgot sgpt nya tinggi dan gatal2, tapi semua sudah di cek hepatitis negatif dan cek lab hepar,ascites,kandung ampedu,pankreas, lien, ginjal kiri&kanan, kandung kemih, uterus, adnexa kanan&kiri, aorta, semuanya baik2 saja dok, normal semua nya, tapi yang mengherankan itu sgot & sgpt nya tinggi dan tiap malam mau tidur itu biasanya badan gatal-gatal, dan badan,kulit kepala kadang kuning dan kadang tidak kuning, mata nya juga kuning dok, tapi kadang kuning nya gk banget dan kadang kuning. Tolong masukannya ya dokter..

    Halo evelynberliana, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    SGOT atau AST adalah enzim yang terdapat pada sel di berbagai jaringan di tubuh termasuk di antaranya hati, jantung, ginjal, dan otak. Peningkatan SGOT dapat terjadi bila terdapat kerusakan pada organ-organ tersebut. Sementara itu SGPT atau ALT adalah enzim yang paling banyak terdapat pada sel di hati. Peningkatan SGPT cukup spesifik untuk menggambarkan adanya kerusakan pada sel-sel hati.

    Interpretasi hasil pemeriksaan SGOT dan SGPT akan sangat bergantung kepada pemeriksaan klinis yaitu gejala yang dirasakan dan pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang lainnya. Gejala kuning dan gatal pada kulit adalah gejala yang sering terjadi bila terdapat peningkatan pada kadar bilirubin di dalam darah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan peningkatan kadar bilirubin disertai dengan peningkatan SGOT dan SGPT:

    1. Hepatitis akibat infeksi virus Hepatitis A, B, C, D, atau E
    2. Penggunaan obat-obatan tertentu seperti Parasetamol, obat antituberkulosis, statin
    3. Mengkonsumsi alkohol berlebihan
    4. Hepatitis alkoholik
    5. Hepatitis autoimun
    6. Penyakit liver non alkoholik seperti steatohepatitis atau perlemakan hati
    7. Sirosis hati
    8. Kanker hati
    9. Infeksi virus seperti mononukleosis
    10. Sirosis bilier

     

    Melihat banyaknya kemungkinan penyebab peningkatan SGOT dan SGPT disertai dengan gejala kuning dan gatal, ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam. Dokter akan menanyakan lebih dalam mengenai gejala yang anda rasakan, gejala lain yang menyertai, serta melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang mungkin dilakukan antara lain pemeriksaan darah lainnya selain SGOT dan SGPT, USG, CT scan perut, dan pemeriksaan lain yang dianggap perlu. Penatalaksanaan akan menyesuaikan dengan diagnosis yang didapat.

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan antara lain:

    1. Tidur dan istirahat cukup
    2. Cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih
    3. Makan makanan bergizi seimbang
    4. Kurangi konsumsi makanan berlemak
    5. Hindari rokok dan alkohol
    6. Hentikan penggunaan obat-obatan yang toksik terhadap hati, namun konsultasikan kembali kepada dokter bila menggunakan obat-obatan yang penting seperti obat antituberkulosis

     

    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia