Tanya Dokter

  • SGPT dan SGOT Tinggi

  • Selamat Sore Dokter,

    Pada Saat badan saya terasa sakit semua setelah bangun tidur dan ada benjolan pada dubur, dan kebetulan pada waktu itu saya batuk karena amandel, maka saya periksa pertama ke dokter spesialis THT sekalian minta pengantar cek laboratorium. hasilnya hematocrit dibawah nilai rujukan 38.1 (nilai rujukan 40.0 - 54.0), SGOT 37 (nilai rujukan 0.0 - 37.0), dan SGPT 72 (nilai rujukan 0.0 - 45) serta ASTO 1600 (nilai rujukan <200)  diinfokan saya harus angkat amandel saya yg sudah sangat kronis dengan tindakan operasi sekaligus saya dikasi beberapa obat untuk amandel dan menurunkan SGPT.

    Selang 2 minggu kemudian saya periksa ke dokter penyakit dalam dan diberikan rujukan agar cek SGOT dan SGPT, HBsAg ELFA, Anti HCV ELFA. keluar hasilnya SGOT 65, SGPT 100 HBsAg ELFA 0 (negatif) dan anti HCV ELFA 0.10 (negatif).

    Yang saya tanyakan:

    1. Menurut Dokter Apakah Amandel saya memang benar harus diangkat? dalam kondisi saya SGOT dan SGPT saya tinggi. karena yg saya tau bahwa amandel itu berfungsi sebagai penghasil imun daya tahan tubuh. jika harus diangkat bgmn SGOT dan SGPT saya bisa sembuh tanpa ada imun daya tahan tubuh?

    2. Dari hasil laboratorium dan penjelasan saya tadi sebenarnya penyakit apa yg saya alami ini? apa sudah termasuk hepatitis atau liver dgn kondisi SGOT dan SGPT saya yg sudah sangat tinggi itu?

    3. Mohon sarannya saya harus periksa apa untuk mengetahui penyebab dan penyakit saya ini serta cara penyembuhannya

     

    Demikian dan Terimakasih atas perhatiannya.

    Halo,   1) Pengangkatan amandel Anda tentunya sudah dipertimbangkan oleh dokter secara baik. Memang amandel bisa menghasilkan sedikit imunitas tubuh , namun jika Anda lebih sering sakit karena kondisi amandel yang terus kambuh ( > 5 kali dalam setahun) maka tindakan pengangkatan akan menjadi lebih baik daripada membiarkan amandel Anda membesar dan terus terinfeksi. Lagipula penambah daya tahan tubuh tidak hanya dari amandel saja. Amandel dan usus buntu hanya sedikit sekali memproduksi zat penambah imun tubuh. Penurunan SGOT dan SGPT Anda tidak akan dipengaruhi oleh pengangkatan amandel Anda.   2) Hasil laboratorium tentunya harus dilihat secara seksama berdasar keluhan dan pemeriksaan fisik untuk bisa dijabarkan secara sesuai. Namun secara ringkas hasil pemeriksaan tes fungsi liver Anda belum menunjukan tanda hepatitis. Pemeriksaan hepatitis bisa dilakukan dengan memeriksakan HbSAg dan anti HbS serta anti HcV. Berdasarkan hasil HbS Ag Anda yang negatif menandakan Anda tidak terinfeksi hepatitis B. Peningkatan SGOT dan SGPT bisa disebabkan banyak faktor antara lain :

    1. Fatty liver (hati dipenuhi lemak)
    2. Kelelahan kronis (sering bergadang)
    3. Cedera otot parah = keseleo, dikerok, memar,dll
    4. Efek obat tertentu
    5. konsumsi alkohol
    6. Infeksi virus
    7. Terekspose bahan kimia lama
    8. Serangan jantung ringan
    9. dll.
    Untuk mengetahui penyebab dari peningkatan SGOT dan SGPT Anda maka Anda bisa memeriksakan diri ke dokter dan melakukan tes medis seperti :
    1. Tes darah = mengecek fungsi jantung, gamma gt, ALT , tes hepatitis dll.
    2. USG liver dan abdomen.
    3. CT SCAN
    Dengan pemeriksaan dan tes medis diatas dokter bisa mengidentifikasi penyebab peningkatan sgot dan sgpt Anda sehingga dapat memberikan penanganan sesuai dengan kondisi Anda. Untuk membantu, Anda bisa melakukan beberapa tips seperti :
    1. Perbanyak minum air putih.
    2. Olahraga ringan teratur.
    3. konsumsi hepatoprotektor seperti curcuma dll.
    4. Cukup isitrahat
    5. Kelola stress.
    6. Kontrol penyakit kolesterol tinggi.
    Baca topik Peningkatan SGOT & SGPT. semoga bermanfaat.   dr. Yusi