Tanya Dokter

  • Apa boleh jalan jauh sehabis sesar?

  •  Ryan Anqqe
    Anggota

    Dok slmt sore.. Sy mau brtnya dok shbis sesar mau menjelang 2 minggu sy blh tdk dok jaln jauh ap lg jln nya jlek dn bnyk batu2 shingga berbhaya tdk dok untk bkas luka oprasi ..

    Hello, Aktivitas berjalan baik dilakukan setelah menjalani operasi caesarea, karena dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan mengurangi risiko terjadi infeksi pada paru-paru, penyumbatan darah, dan konstipasi. Namun melakukan perjalanan yang jauh sebaiknya dihindari karena dapat mempengaruhi penyembuhan organ reproduksi Anda minimal selama 6 minggu pertama setelah menjalani operasi atau setelah Anda mendapatkan persetujuan dari dokter yang memeriksa Anda. Berikut adalah aktivitas yang sebaiknya Anda lakukan setelah menjalani operasi:

    1. Istirahat yang cukup
    2. Hindari mengangkat barang berat
    3. Lakukan aktivitas jalan yang ringan
    4. Hindari melakukan aktivitas berat dan olahraga seperti bersepeda, jogging atau aerobic
    5. Hindari mengendarai mobil dan melakukan hubungan seksual sampai mendapatkan persetujuan dari dokter yeng memeriksa Anda
    Sumber : www.webmd.com Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean

    Ryan Anqqe  Ryan Anqqe
    Anggota

    Dok kira2 shabis sesar brpa minggu perban anti air nya blh di lpas..? Trus dok brapa lma tdk mlakukan hbungn seks.. Trs klo air mani ketelan hamil tdk dok pasca sesar..?

    Hello, Apakah yang dimaksud dengan air mani ketelan hamil? Sebaiknya verban diganti setiap hari terutama jika basah. Kontrol lah kepada dokter yang memeriksa Anda minimal 1 kali dalam 1-2 minggu untuk menilai luka jahitannya. Dokter yang memeriksa Anda akan menginstruksikan waktu yang tepat untuk melepas verban anit airnya. Biasanya dokter akan mengijinkan setelah luka sudah mulai kering. Waktu yang dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual paska operasi section cesar adalah setelah 6 minggu dilakukannya operasi. Namun jika Anda bersama pasangan ingin melakukannya sebelum waktu yang disarankan, konsultasikan lah hal tersebut dengan dokter Anda untuk menilai kondisi luka Anda. Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean