Tanya Dokter

  • Shaken baby syndrome setelah terbentur

  •  shella_xhaka
    Anggota
    Malam dok.. Anak saya 3hari yg lalu habis terbentur kepalanya. Saya takut dia kena Shaken Baby Syndrome. Yg mau saya tanyakan kapan gejala akan timbul setelah bayi terkena Shaken Baby Syndrome? Terimakasih

    Hai Shella,terimakasih atas pertanyaan anda. shaken baby syndrome sebenarnya dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk kekerasan pada anak ataupun juga dapat dikarenakan benturan yang terlalu keras pada kepala bayi,sehingga menimbulkan cedera otak dan cedera kepala. Gejala yang ditimbulkan pada shaken baby sindrom bermacam-macam,tergantung dari keparahan saat benturan,ringan,sedang,atau berat. Berikut adalah beberapa gejalanya:
    1. Rewel
    2. Sering menangis
    3. Penurunan kesadaran
    4. Malas menyusu
    5. Kejang
    6. Mual dan muntah
    Untuk melakukan diagnosa pada shaken baby syndrome biasanya akan diberikan pertanyaan kepada pengasuh dan dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti Ct scan,MRI kepala. Penanganan sementara yang dapat ibu lakukan:
    1. Mengamati perubahan sikap pada anak
    2. Memberinya ASI secara cukup
    3. Mengatur suasana sekitar agar nyaman
    4. Segera membawa ke UGD paska terjatuh/ ke dokter terdekat/ dokter spesialis anak,hal tersebut merupakan indikasi segera untuk mencari pertolongan medis.
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat.Salam dr. Celleen