Tanya Dokter

  • Efek samping isotretinoin dan kista

  • dear dokter, saya adalah pengguna obat isotretinoin jangka panjang. sejak tahun 2008 hingga awal 2015, obat ini saya dapat beli mudah di klinik tempat awal saya berobat ke salah satu dokter spkk di jakarta selatan. saya selalu konsumsi obat ini begitu berjerawat, kadang saya stop kalau sudah bersih dari jerawat atau saya pause kalau wajah dan bibir teramat kering.

    Beberapa bln terakhir, saya stop meminumnya khawatir karena 1. saya sering telat mens, kadang 2 bulan atau lebih 2. saya sering flex diantara jedah mensturasi ( saya blm menikah, dan tidak mengkonsumsi obat hormon) 3. perut kiri bawah saya kerap sakit, kadang perut bawah seperti kejang atau tertarik 4. payudara saya beberapa bln terdapat benjolan, menurut dokter radiology adalah fibrokistik disease, dokter onkology memberi saya obat merk nutriflam dan vit (betakaroten + vit e) jangka 3 bln

    sejak saat itu, jerawat saya memburuk. Apakah benar itu karena efek isotretinoin yg saya konsumsi selama ini?

    amankah obat tersebut saya konsumsi kembali? saya stress dgn jerawat sekarang besar-besar dan keras. apakah vit. e itu memperburuk jerawat saya?

    kolesterol saya pun buruk setelah saya cek. wanita, umur 31 th, tinggi 168 cm, berat hanya 48 kg, dgn kolesterol total 269.

    apa ada solusi lain utk jerawat saya. thanks

    Halo, Sampai saat ini mengkonsumsi isotretinoin dalam waktu yang lama tidak terbukti menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi maupun menyebabkan adanya kista pada ovarium. Jika Anda mengalami gangguan siklus menstruasi, maka di bawah ini dapat merupakan salah satu penyebabnya :

    • Gangguan hormonal
    • Stress
    • Infeksi pada organ reproduksi
    • Kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis
    • Polip
    • Fibroid
    • Dll
    Sedangkan vitamin E dipercaya sebagai antioksidan yang justru baik untuk kesehatan kulit Anda. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kembali dengan dokter kulit Anda jika ingin mengkonsumsi kembali isotretinoin. Dengan berkonsultasi kembali, maka dokter akan memastikan apakah penyebab jerawat Anda. Mungkin dokter juga akan mengganti terapi yang digunakan untuk mengobati jerawat Anda. Sedangkan mengenai gangguan menstruasi yang Anda alami, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui apakah penyebab ketidakteraturan siklus menstruasi Anda. Semoga membantu, dr. Tri