Tanya Dokter

  • penularan sifilis lewat hubungan seks

  •  Fikri Nofal
    Anggota

    Dok apakah ketika kita berhubungan seks dengan org yg sudah pernah mengalami sifilis bisaa tertular?

    Hai,   Ya. Kita bisa tertular sifilis setelah berhubungan intim tanpa kondom (pengaman) dari seseorang yang menderita sifilis dan tidak diobati serta berada pada fase yang bisa menularkan sifilis. Sifilis merupakan infeksi menular seksual akibat treponema pallidum yang bisa ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman atau berkontak dengan darah penderita sifilis. Gejala sifilis dibagi menjadi beberapa tahap yaitu :

    • Tahap Primer = Sangat Menular.
    Gejala pada tahap primer adalah terbentuknya ulkus pada organ intim yang tidak nyeri dan mengeluarkan cairan sperti nanah. Gejala ini timbul 3 minggu paska ekspose dengan seseorang yang terinfeksi. Ulkus bisa sembuh sendiri tanpa meninggalkan bekas sama sekali.
    • Tahap Sekunder = Sangat Menular.
    Pada tahap ini gejala yang dikeluhkan adalah rasa lelah , demam, nyeri sendi, sakit kepala disertai ruam kemerahan pada tubuh terutama telapak tangan dan kaki, adang disertai adanya kutil kelamin. gejala bisa berlangsung hilang timbul selama  3 bulan sebelum jatuh ke fase laten.
    • Tahap Laten = Menular pada 1 - 2 tahun pertama fase laten.
    Pada tahap ini sifilis tidak menimbulkan gejala dan pasien terlihat sehat. Setelah 2 tahun berada dalam fase laten, kuman masih berada dalam tubuh tapi tidak menular ke orang lain.
    • Tahap Tersier
    Pada tahap ini gejala yang dialami sangat buruk dan bisa dialami di hampir seluruh organ tubuh sperti mata, otak, hati, tulang, sendi, pembuluh darah. Kondisi ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan stroke dan kematian. Diagnosis sifilis bisa dilakukan dengan melakukan tes darah 30 - 90 hari setelah terekspose. Hal ini dikarenakan antibodi sifilis baru dibuat / terdeteksi setelah 30-90 hari terekspose. Penanganan sifilis biasa diberikan dengan pemberian Antibiotik. Dosis antibiotik disesuaikan dengan kondisi keparahan infeksi sifilis masing masing individu. Antibiotik penisilin masih merupakan pilihan terapi untuk pengobatan sifilis. Pemberian secara injeksi  maupun oral disesuaikan dengan kondisi masing pasien. Pencegahan yang perlu dilakukan agar tidak terinfeksi sifilis antara lain :
    1. Berpantang seks bebas
    2. Gunakan kondom / pengaman lain
    3. Setia kepada pasangan
    4. Tidak berbagi barang pribadi
    5. Berhati hati saat melakukan tindik / tatto.
    6. Menghindari narkoba terutama jenis suntik.
    7. Lakukan skreening sebelum transfusi
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Fikri Nofal  fb-iansetyana
    Anggota

    dok apakah sifilis menular melalui handuk alat makan atau toilet yang bersaman dengan si penderita

    Fikri Nofal  fb-iansetyana
    Anggota

    dok tolong jawab