Tanya Dokter

  • Seputar penyakit sifilis

  •  Shofie
    Anggota

    Halo dok, maaf sebelumnya. Saya mau tanya beberapa pertanyaan menyangkut penyakit sifilis karena saya ada tugas untuk wawancara mengenai penyakit2 mengenai sistem reproduksi. 1. Apa itu penyakit sifilis/ raja singa? 2. Apa penyebab penyakit sifilis? 3. Tubuh bagian apa yang biasanya terserang penyakit ini? 4. Apa saja gejala2 penyakit sifilis? 5. Apa yang terjadi jika penyakit ini sudah parah? 6. Bagaimana cara mengobati dan mencegah penyakit ini? 7. Bagaimana gaya hidup yang tepat agar tidak terserang penyakit ini?

    Maaf sekali jika pertanyaan ini terlalu banyak dok... Saya akan senang jika dokter mau membantu. Terima kasih

    Selamat Malam, 1. Penyakit sifilis merupakan salah satu penyakit menular seksual sebab penularannya yang paling sering adalah melalui hubungan seksual dengan penderita sifilis (meskipun dapat juga ditularkan melalui cairan tubuh misalnya darah atau diturunkan oleh ibu hamil terhadap janin dalam kandungannya) 2. Penyebabnya adalah bakteri Treponema pallidum 3.Bagian tubuh yang terserang dapat bervariasi dan biasanya terjadi secara bertahap (mulai dari fase primer->sekunder->laten->tersier). Penjelasan lengkap dapat dibuka pada laman artikel berikut : SIFILIS 4. Gejala yang umum terjadi pada penderita sifilis antara lain :

    • munculnya luka/tukak (dapat pada alat kelamin, mulut/bibir, jari, dll)
    • demam
    • sakit kepala
    • nyeri sendi
    • pembengkakan kelenjar limfa
    • penurunan berat badan
    • dan lain lain
    5. Jika tidak diobati dengan benar dan sudah parah maka sifilis akan berkembang ke tahapan berikutnya yang lebih serius dan dapat berujung pada kematian. 6. Sifilis diobati dengan pemberian antibiotik serta obat-obatan lain yang dilakukan atas supervisi dari dokter sebab pemilihannya akan berbeda-beda tergantung dari kondisi pasien, tingkat keparahan penyakit yang diderita, gejala yang muncul, dan pertimbangan lainnya. Pencegahannya adalah dengan setia kepada pasangan, menggunakan pengaman (kondom), dan menggunakan jarum steril apabila menindik/tatto tubuh. 7. Oleh karena penularan terbesar adalah melalui kontak seksual maka sebaiknya gaya hidup sehat dengan tidak berganti-ganti pasangan dapat membentengi dari resiko tertular penyakit ini. Informasi lengkap seputar sifilis terdapat pada laman berikut : SIFILIS   Semoga bermanfaat, dr.Debby Phanggestu