Tanya Dokter

  • Apakah sifilis bisa sembuh total?

  •  Rickky
    Anggota
    Apakah sifilis bisa sembuh total dok haya dgn obat

    Halo,

    Sifilis merupakan penyakit akibat bakteri Treponema pallidum yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit ini dapat disembuhkan sepanjang penderitanya mengikuti pengobatan dari dokter dengan baik dan tidak melakukan lagi hubungan intim berisiko (walaupun sudah dinyatakan sembuh sifilis tetap dapat menyerang lagi).

    Sifilis ada beberapa tahapan, yaitu:

    • sifilis primer, muncul luka tanpa rasa nyeri di daerah pertama kali bakteri masuk (penis, vagina, anus, bibir ataupun rongga mulut)
    • sifilis sekunder: gejala pada sifilis primer menghilang, beberapa minggu kemudian muncul ruam di tangan dan kaki. Keluhan seperti sakit kepala, nyeri sendi, demam (gejala seperti flu) juga dapat terjadi

    Sifilis yang tidak diobati dengan baik dapat berlanjut menjadi sifilis laten (bakteri tetap ada dalam tubuh namun tanpa gejala) dan akhirnya menjadi sifilis tersier yang berbahaya karena dapat menimbulkan komplikasi ke organ seperti otak, mata, jantung dan akhirnya kematian. Jadi, pengobatan harus dilakukan pada tahapan awal gejala karena jika dilakukan pada tahap-tahap akhir akan sulit disembuhkan. Pengobatan yang diberikan dapat berupa suntikan antibiotik.

    Lebih jelasnya Anda dapat membuka tautan ini: Sifilis

    Semoga bermanfaat,

    dr.Mira