Tanya Dokter

  • Penyebab menstruasi berkepanjangan

  •  Selvi H
    Anggota
    Selamat sore dok. Saya selvi usia 31 tahun. Saya baru mendapat siklus haid yg lama. Dari bulan oktober tgl 17 sy mulai haid awalnya sekitar 10 hari hanya berupa flek saja dan selanjutnya kekuar darah tapi tdk banyak. Dan setelah itu keluar menstruasi berupa gumpalan tapi masih normal ukurannya seperti haid normal. Permasalahannya sampe skrg saya masih haid. Saya tidak menggunakan KB apapun dan masih menyusui. Haid tidak nyeri, tdk sakit kepala atau lemas. Sampe sekarang juga blm cek ke dokter karena sy pikir mungkin faktor stres atau kenaikan berat badan serta kurang olah raga. Dan bln septembernya juga siklus haid sy kurang dari sebulan jd dapet di awal dan akhir. Mohon petunjuknya dokter. Terima kasih 😊

    Hai Selvi,

    Menstruasi normalnya terjadi setiap 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Kondisi yang Anda alami di mana menstruasi berlangsung hingga hampir 1 bulan merupakan kondisi yang tidak normal dan secara medis disebut sebagai menorrhagia (menstruasi berkepanjangan atau berlebihan). Berbagai kemungkinan penyebab terjadinya menorrhagia antara lain:


    Perdarahan yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko terjadinya anemia, oleh karena itu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar kondisi ini dapat ditangani secara tepat. Dokter terlebih dahulu akan memastikan penyebabnya, baik melalui pemeriksaan fisik maupun tes penunjang jika diperlukan (seperti USG atau tes darah). Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi
    • Jangan terlalu lelah, batasi aktivitas yang berat
    • Menjaga berat badan ideal
    • Meminimalisir stres


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Menorrhagia      
    Menstruasi berlebih penyebab anemia

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman